Ingin Up Grade Motor Dari Karburator Ke Injeksi Cara Gampang? Pake produk Ini

skema sistem injeksi
suzuki

Yola dulur…. info dadakan namun bukan tentang motor, namun spare part motor. Tidak bisa dipungkiri bahwa sistem injeksi pada sepeda motor sedang booming di marih khususnya, diluar negeri umumnya.

skema sistem injeksi
skema sistem injeksi

Sistem injeksi merupakan sebuah keharusan untuk motor jika ingin lolos aturan emisi gas buang Euro4 secara mudah. Bebrbedadengan sistem karburator sekarang yang mengandalkan catalytc conventer yang sangat dominan, sedangkan bahan catcon adalah sangat mahal. Dilain sisi pengembangan karburator yang mandeg, serta lebih mudahnya pengembangan dengan sistem injeksi, pengembangan secara digital.

Namun di lain sisi sistem injeksi part atau hardware, atau printilannya jauh lebih rumit dibandingkan karburator. Sistem injeksi membutuhkan part pelampung dan pompa bensin yang integrated, ECU, Sensor, injector dan lain lain. Hal inilah yang membuat hambatan untuk produsen motor kelas menengah kebawah seperti di negara India, china dan lain-lain. Namun sekarang sudah ada sistem injeksi yang sangat sederhana dan murah untuk pabrikan-pabrikan tersebut, atau untuk para modifikator yang ingin merubah motornya yang awalnya menggunakan sistem karburator diganti menggunakan sistem injeksi.

injeksi simple denso
injeksi simple denso

Perusahaan global da ri Jepang,Denso telah mengembangkan sistem injeksi bahan bakar elektronik baru  untuk sepeda motor ber-cc kecil (200cc kebawah) yang disebut DIET-FI – singkatan dari ‘DENSO Intelligent Economical Technology-Fuel Injection’ – yang bertujuan untuk memenuhi permintaan untuk fitment pada sepeda motor yang lebih kecil di pasar negara berkembang.

Menurut pihak Denso, DIET-FI adalah sistem injeksi bahan bakar pertama di dunia  yang tidak menggunakan throttle position sensor atau sensor suhu mesin. Sebaliknya, menggunakan teknologi kontrol baru dikembangkan yang menjamin keiritan bahan bakar yang sama dan kinerja ramah lingkungan layaknya sistem injeksi bahan bakar konvensional, sehingga memotong cost produksi.

skema injeksi denso
skema injeksi denso

DIET-FI memiliki lima komponen lebih sedikit daripada sistem konvensional, dan tanpa sensor posisi throttle, asupan sensor suhu udara, sensor suhu mesin dan ISC. Teknologi ‘Kompensasi’ meliputi suhu estimasi control yang terintegrasi thermistor menjadi sebuah unit kontrol elektronik, dan kontrol bahan bakar untuk menentukan akselerasi / deselerasi menggunakan sensor tekanan pipa udara masuk.

Nah…. untuk yang ingin merubah motornya menjadi injeksi silahkan beli tuh 1 paket injeksi dari denso… siapa tahu boleh ngeteng bijian….. 😀 .

Semoga bermanfaat

Wassalamualaikum

51 Komentar

    • Ini mas bisa di intip dsni http://www.ecotrons.com, kalau tdk salah dulu ada bengkel modifikasi di daerah cileduk yg mengaplikasi ecotrons ke motor lokal.. cuma saya lupa mas..udh beberapa tahun yg lalu soalnya..
      Yg saya tau, ecotrons ini bisa setting ECU secara otomatis maupun manual dgn software di PC atau laptop. Kalau setting otomatis, mengandalkan sensor2..krn sistem ecotrons ini sdh closed loop..jd settingan bs menyesuaikan sesuai dgn AFR yg dibaca oleh sensor oksigen.. juoos pokoknya..

  1. karbulator modif ke injection…mudah gan.
    yg blum dkluarkan pbrikan jpang sm itali.injection doubel karbu mntap .blum ada adanya di porong sdoarjo gan.

2 Trackbacks / Pingbacks

  1. 78deka
  2. Opsi Lain Menginjeksikan Motor Karburator..Sudah Close Loop | 78deka

Silahkan Beropini