Gini Ini Rasanya Diatas Motor Balap TT Isle Of Man Full Speed (Go Pro On Anstey Bike)

Supersport-Race-2-2014

Yola dulur….bicara balap TT Isle Of Man adalah bicara skill dan mental pembalap. Ya, tidak dinafikan bahwa peran tehnologi juga ada, namun khusus balapan satu ini, mental dan skill pembalap lebih dominan.

Supersport-Race-2-2014
Supersport-Race-2-2014

Dibandingkan dengan balap MotoGP jelas kecepatan rata-rata pembalap TT Isle Of Man jauh tertinggal, dimana kecepatan rata-rata balapan TT ini “hanya” didapat antara 120-130 mil/jam atau masih under 200km/jam, tapi ini rata-rata, bukan topspeed. Kalau bicara topspeed TT Isle Of Man masih bisa tercapai 200 mil/ jam atau 320km/jam. Bisa dimaklumi kenapa MotoGP bisa jauh lebih cepat capaiannya, karena peran tehnologi yang sangat advance, skill pembalap yang melalui perjenjangan sejak dini, trek yang lebar dengan aspal yang mulus, faktor keamanan yang lebih ketat sehingga mengurangi beban mental pembalap.

bruce anstey
bruce anstey

Namun pencapaian kecepatan rata-rata dan topspeed di balapan TT Isle Of man bukanlah hal yang mudah. Motor dengan tehnologi MotoGP saja belum tentu bisa mencapainya jika pembalapnya bukan spesialis TT. Dan jangan lupa, aspalnya pun aspal biasa jalan umum, kadang ada sedikit lubang, retakan aspal, serta kontur jalan yang bergelombang. Namun yang paling menonjol adalah minimnya pengaman di sepanjang trek, nggak ada ceritanya tumpukan ban, pasir gravel atau dinding pengaman. Lengah dikit tinggal pilih tembok batu, tembok rumah, jurang, pepohonan, atau tebing bukit. Faktor inilah yang bahkan tidak semua pembalap MotoGP berani turun balapan. Dan yang barusan terjadi adalah mundurnya Scott Redding yang awalnya mau berparade, ingat…. cuma balap parade, bukan beneran balap TT Isle Of Man tahun ini karena mengetahui ada dua pembalap yang tewas.

Nah untuk sekedar mengetahui sensasi balapan TT Isle Of man, deka dapat link rekaman on board dari motor CBR 1000RR-nya Pembalap Senior TT Isle Of Man, Bruce Anstey. Video singkat selama 2 menit ini direkam diatas dasboard motor melalui kamera Go pro lengkap dengan deruman mesin motornya….. Silahkan disimak…..

 

Gimana??? Asyik bukan…..

Semoga bermanfaat

Wassalamualaikum

20 Komentar

    • yups… dalam film documenter Closer to the edge, balapini adalah passion utk mencapai limit maximal batas kecepatan diri, semua pembalap tahu resiko maut, tapi demi passion semua dilewati

Silahkan Beropini