TePOK : Mencopot Dan Memasang Ban Tubeless Bersenjatakan Cable Ties/Tali Klem

melepas bandari mbah google
suzuki

Yola dulur….. kadang saat kita ingin memperbaiki, mengambil paku yang tertancap dalam, atau hal lain seperti mencat velk yang mewajibkan lepas ban dari velk pada motor kita, bingung bagaimana caranya. Akhirnya kita memasrahkan pada bengkel ban atau tukang tambal ban.

melepas ban dari mbah google
melepas ban dari mbah google

Sayangnya kadang tehnisi kurang peduli dengan kondisi velk kita saat menginstall atau mencopot ban dari velk. Dengan bersenjatakan congkelan sejenis linggis kecil (senjata andalan mbah darmo untuk nyampluk ๐Ÿ˜€ ๐Ÿ˜€ ) tehnisi menyodet-nyodet agar ban mau keluar dari velk. Akhirnya pinggiran velk menjadi cacat dan catnya terkelupas ๐Ÿ™ .

Nah kali ini deka menemukan rekaman video tutorial tentang ritual melepas ataupun memasang ban tipe tubeless ke velk, tanpa harus banyak mendongkel-dongkel dengan linggisnya mbah darmo ๐Ÿ˜€ . ย Di video ini ban yang akan dilepas adalah milik moge kawasaki ZX-6R. Herannya, alat utamanya hanya berupa cable ties atau tali klem yg bisa kita beli di bengkel-bengkel. alat dan bahan yang digunakan cuma

  • air sabun dan alat penyemprotnya
  • cable ties atau tali klem ukuran 9 – 24 inch
  • karena ukuran ban besar maka memakai alat pengungkit pendorong ke arah dalam velk, namun jika ukuranย ban biasa motor umum di marih sepertinya tinggal injak pakai kaki atau cukup pakai tangan.
  • Pengungkit kecil dan kertas karton jika merasa kesulitan me-releash velk.

Bagaimana langkah-langkahnya, silakan pelototin video berikut bisa sambil ngudud maupun ngemil…. ๐Ÿ˜€ ๐Ÿ˜€ . ย Kata aktornya biasanya yang tersulit adalah saat pertama kali memasang cable ties, namunย berikutnya lebih mudah karena lubang sudah terbentuk.

 

Sedangkan untuk memasangnya kembali sepertinya lebih mudah seperti video berikut ini…sekidot dulur….

 

Semoga bermanfaat

Wassalamualaikum

 

22 Komentar

Silahkan Beropini