Sport 250 CC Honda Pakai Mesin V-Twin VTR ? Another Local Product…Again

vtr-250 engine
suzuki

Yola dulur…..membaca artikel Wak Haji TMC tentang rumor Sport fairing Honda yang akan menggunakan mesin V-twin silinder miliknya VTR-250, deka menjadi agak merenung barang sejenak dua jenak.

vtr-250 engine
vtr-250 engine

Pertanyaan yang muncul dipikiran ane adalah apa iya Honda (baca AHM) mau memakai mesin V-twin silindernya VTR, bagaimana dengan nasib CBR-250R sekarang? Jelas-jelas mesin VTR itu sangat tangguh, powerfull melebihi mesin CBR 250. Ane juga mencari produk Global Honda yang agak menyimpang juga kaga nemu. produk global Honda biasanya seragam di seluruh dunia baik spek maupun desain.

Namun jika berkaca dari hasil penjualan CBr-250 di marih, jelas AHM geregetan… masak numbangin kawasaki aja belum berhasil. Eh sekarang malah ketambahan Yamaha yang ikutan ngerecokin kelas 250 cc sport, dengan motor yang all new sesuai dengan ekspektasi soal performa dan dual silindernya. Namun apa daya, CBR adalah produk global dan hanya tersedia dalam bentuk single silinder, karena Honda Pusat konsen soal efisiensi dan kadar gas buang yang sangat ketat untuk pasar Eropadan Amerika. Mau minta ย sampai mencret ke Honda jepang juga kagak dikasih spek CBR 250 dual silinder khusus pasar Indonesia, selama CBR global masih single silinder. Namun di sisi lain, harga diri Honda di marih juga terkoyak kalau sampai kayak gini terus.

ilustrasi
ilustrasi

Mungkin karena jengah dengan kondisi ini, Honda jepang ngasih segelondongan mesin VTR 250 kepada AHM, sambil bilang, ” nih…ane kasih 1 paket mesin V-twin, garap semua desain bodinya, khusus untuk pasar Indonesia. Tapi produknya nanti jangan diberi nama CBR-250R, itu sudah menjadi produk global….” ( Ini versi deka ๐Ÿ˜€ ). Yah… masuk akal juga, karena nggak perlu riset soal mesin, tinggal riset membuat body dan desain motor agar sesuai dengan mesin ini. Toh AHM sudah pengalaman membuatnya, tidak kurang dari Tiger, CB150SF, CS-1, dan yang terkini K-45, atau CBR lokal, yang jelas bukan CBR150R.

vtr250_2009_engine_radiator
vtr250_2009_engine_radiator

Yang jelas, andaikata nanti muncul motor sport 250 cc Honda dengan mesin V-twin namanya tidak akan CBR250R, mungkin bisa CBR250F atau pakai inisial seperti CBR250 Vstorm, CBF250R atau yang lain seperti kasus CB150 StreetFire. Dan ini adalah produk lokal khusus Indonesia, bukan produk global, karena biasanya produk global Honda rancang bangun semuanya terpusat di Jepang.

Ini hanya terawangan dari lereng utara gunung Ciremai, yang belum tentu akurat kebenarannya. Hanya memancing para pembaca untuk beropini, dan menjadi sebuah wacana baru bahan obrolan di dunia permotoran yang mengasyikkan ini. Namun jika bener adanya AHm membuat motor sport 250 cc V-twin, asal kualitas dan desainnya mauk selera di marih….siap-siap aja bilang Crush’em…………

Bonus….Megadeth…. Crush’ Em

 

Semoga bermanfaat

Wasssalamualaikum

27 Komentar

  1. kalo terawangan dari ujung kulon sih beda. kemungkinan besarnya vtr250 diproduksi di thailand atau basis produksinya di indo ntar tggal diekspor ke asean. kalo gak salah vtr250 cuma ada di jepang. cmiiw

  2. entah kenapa saya kok ragu ahm mau bikin v twin..sepertinya suatu hil yang mustahal.mengingat motor2 honda cenderung efisiensi semua..mulai metik yg dibuat irit sampe sport 250 pun masih dibikin irit(single silinder dan roller rocker arm di mesin dohc)

  3. Jgn lupa biaya produksi mesin V pastinya lebih mahal karena lebih banyak komponennya dan juga bobotnya lebih berat dari mesin sejajar. Tipe mesin V juga bikin motor jadi lebih panjang wheelbasenya. Klo menurut saya sih mending gak usah riset2 body segala, langsung aja dibikin lokal VTR250 toh saingannya cuman inazuma. Tonjolin dulu mesin V-nya di versi naked. Setelah mindset pasar terbantuk baru garap yg versi fairing. Klo nunggu riset fairing 2-3 thn lagi baru brojol mah kelamaan momentnya keburu keluar ninja and R25 versi terbaru.

  4. Oh ya, lagi satu, rata2 mesin V klo lama di pake riding panas mesin lebih terasa di bagian pantat dan selangkangan hehehehe. Coba aja tanya biker2 yg suka touring pake ducati monster.

  5. yang mau sy tanyakan yang bakal produksi vtwin siapa ahm atau honda?

    kalo ahm bikin vtwin kayaknya gak bakalan mungkin mas brow, maaf nie ya bikin dohc150 cc aja masih belum bisa berkuasa penjualannya di indonesia, apakah jepunya mau ngasih modal ahm bikin vtwin yang belum tentu laku?

    mau balik modalnya ampe kapan kalo penjualan sebulan 1 unit, dilihat dari penjualan cbr250 tailand

    ahm bikin vtwin ngimpi, walaupun bisa gak mungkin 2 tahun meluncur tu vtwin lokal, kalaupun bisa 2 tahun itu terlalu dipaksakan

    kalau mau cepet ya improt

    kalau sy liat ni ahm sudah di skak mat oleh kompetitor, ymmi brani bikin motor 250 cc karena dia juga ngelayanin export, kalau ahm mana pernah produknya diexport, mengharapkan vtwin lokal ngimpi lah, paling juga bikinan tailand

    honda boleh maju teknologinya, tapi kalo ahm sudah tertinggal dr kawasaki indonesia dan ymmi

  6. Di Jepang bisa ada Japanese Domestic Market, di mari jg AHM bisa saja bikin Indonesia Domestic Market coz Indonesia market yg unik. Misal saja dari segi pengenaan pajak dari besaran cc mesin motor. Kemudian peraturan pembatasan power mesin berdasarkan besaran cc mesin jg gak berlaku, jdi produsen bisa aja bikin mesin 250cc trus power dibikin lebih gede segede-gedenya dibanding produk kompetitor pasti banyak yg beli, coz mindset orang indonesia tuh pada umumnya senang yg overkill, yg penting desain (body) motor keseluruhan kena dihati.
    Kaitan dengan market, populasi penduduk Indonesia jg banyak, klo laris tuh produk tujuan Indonesia Domestic Market only pun bisa masuk akal, wong jepang jg yg populasinya lebih sedikit bisa ada JDM, meski mungkin tujuannya bukan dari segi kuantitas. ๐Ÿ˜€

Silahkan Beropini