Pantesan Super Cub Menjadi Motor Ikonik Honda…Desainnya Hasil Meditasi

honda-cub
suzuki
honda-cub
honda-cub

Yola dulur….Info dadakan dari Jepang, tentang motor fenomenal keluaran pabrikan Honda. Lebih dari 50 tahun sejak Super Cub pertama kali diperkenalkan pada tahun 1958, Honda telah memiliki konsep desain yang konsisten dari Super Cub sambil terus mencapai perbaikan fungsional. Hal ini menyebabkan  sebagian besar konsumen yang melihat desain Super Cub mengenalinya sebagai produk Honda, dan yang menjadi salah satu faktor penentu Kantor Paten Jepang untuk memberikan merek dagang. Jangan di Luar negeri, di sini sangking terkenalnya motor ini membuat demam Honda, motor apapun disebut Honda, ya dari bebek super cub ini.

super-cub-70-custom-
super-cub-70-custom-

Honda Super Cub telah terjual di lebih dari 160 negara . Produksi di seluruh dunia secara kumulatif, Super Cub telah mencapai 87 juta unit  pada Maret 2014, yang membuat Super Cub menjadi sepeda motor dengan volume produksi terbesar di dunia. Honda akan terus menghargai konsep dasar Super Cub dan berusaha untuk memberikan kesenangan untuk pelanggan di seluruh dunia. Berikut ini data kumulatif penjualan super cub

Kumulatif produksi di seluruh dunia dari seri Super Cub:
10 juta unit: Agustus 1974
50 juta unit: Desember 2005
60 juta unit: April 2008

super-cub-70-custom-
super-cub-70-custom-

Namun ada cerita dibalik kesuksesan super cub tersebut yang tidak begitu di blow up oleh media. Ada pertanyaan apa yang ada di balik motor kecil itu sampai bisa sukses dalam kurun waktu yang panjang dan belum pernah ada motor lain yang bisa sepanjang umur motor ini. Mungkin jawabannya terletak pada meditasi Zen , Soichiro Honda , perancang Cub . Sudah menjadi  kebiasaan Soichiro Honda bermeditasi di kuil-kuil Buddha untuk membersihkan pikiran dan terinspirasi oleh cita-cita kuno . Sebaliknya , orang-orang barat, yang pada waktu itu salah satu produsen sepeda motor terbesar , hanya memikirkan satu kkonsep motor yang sudah ada, kemudian dijadikan acuan pengembangan motor berikutnya. Tidak memiliki filosofi mendasar pembentukan sebuah desain sepeda motor, hanya sebatas utilitas saja.
Pantas saja, desain super cub seperti ever lasting… clasic namun jauh dari kata membosankan… ada kesan kuat yang dimunculkan.

super-cub
super-cub

Dari berbagai sumber..

Semoga bermanfaat

Wassalamualaikum

14 Komentar

Silahkan Beropini