Versi MCN, Hayabusa VS Kawak ZZR1400 VS BMW HP4, Honda & Yamaha ? HeHeHe…

 

Yola dulur…dapat artikel  bagus dari media Inggris MCN. Ternyata di Inggris sono juga terjadi perdebatan tentang motor standar pabrik mana yang tercepat. Ya…selama ini kita memang terobsesi dengan yang namanya kecepatan, entah mobil atau motor. Bicara motor, kecepatan adalah sensasi tersendiri karena tubuh kita merasakan langsung kecepatan secara langsung dari hempasan angin. Berhubung ini agak sengitip…maka ane langsung copas saja opini mereka, jadi ini bukan opini deka . Yok langsung ke tekape.

zzr-busa

Pencarian untuk kecepatan ini telah lama terjadi , tapi benar-benar mulai mendapatkan momentum pada tahun 1980-an dengan lahirnya Kawasaki GPZ1100 . Ini adalah raja pertama dari speed freak modern, dan akhirnya digantikan oleh Kawasaki ZZR1100  pada tahun 1990 . The Big Zed bisa berlari  175 mph (280 km/jam) dalam kondisi sempurna , dan itu mulai terlihat seperti Kawasaki memiliki keperkasaan pada pecandu trek lurus . Iterasi saat ini, ZZR1400 , hidup dengan semua aturan dan aspirasi yang sama . Ini dahsyat, tetapi apakah itu tercepat di dunia ?

Banyak yang menganggap the real king soal kecepatan adalah Suzuki Hayabusa . Dicintai oleh pembalap drag di seluruh dunia , meluncur cepat ke puncak kecepatan balap. Bicara top speed 200mph (320 km/jam) rumornya bisa dicapai oleh sang motor. Ini semua menjadi akademik bagi produsen utama, dan mengambil inisiatif untuk membatasi kecepatan puncak mereka sebelum beberapa birokrat pemerintah melakukannya untuk mereka . Jawaban atas pertanyaan ‘ Seberapa cepat bos ? ” Menjadi 186 mph (300 km/jam) standar pabrik.

bmw hp4
bmw hp4

Pada tahun 2014 lanskap tidak berubah terlalu banyak untuk hyperbike tersebut . Honda Super Blackbird minggir dulu, masih dianggap belum memenuhi ekspektasi maniak topspeed. Yamaha? hehehe…belum menyediakan motor hyperbike, termasuk Kawasaki ZX – 12R , tapi bicara Kawasaki ZZR1400 dan Suzuki Hayabusa, masih menjadi harapan  para speed freak untuk memuaskan hasrat mereka .

Perdebatan sengit selama bertahun-tahun : yang tercepat siapa? ZZR atau Busa ? Tapi itu tidak lagi semua tentang kedua motor ini. Ada gacoan baru di kelas ini – sebuah BMW HP4 berteknologi maju ala BMW . Ini memenangkan setiap tes kami yang telah dilakukan sejauh ini, tapi apa bisa bersaing, melayani, bahkan mengalahkan ZZR dan Busa ? Hanya ada satu cara untuk mengetahuinya .

Gas Pol!
Ini semua tentang kecepatan ( dan seberapa cepat Anda mendapatkannya )

Aku bisa mendapatkan beberapa pembaca ( kemungkinan besar pemilik salah satu dari tiga motor itu ) berteriak dengan kata-kata kotor. Tapi angka di bawah ini adalah angka top- speed yang sebenarnya , diukur secara ilmiah dan bukan dengan berbuat licik mengoprek speedometer. Gambar on Speedo mungkin bisa untuk bahan bualan untuk menggertak lawan, tetapi rekaman uji oleh MNC menunjukkan speedo pada tiga motor ini tidak begitu akurat . Meskipun setiap motor terbatas pada 186 mph  (300 km/jam) versi pabrik , hanya BMW lah yang benar-benar mencapai 186 mph sejati .

zzr vs busha view

Setiap motor mencapai speed limiter tanpa masalah , dengan BMW memiliki penurunanyang paling agresif dalam hal power setelah mencapai limiter. Meskipun mempunyai kecepatan yang mendebarkan, Kawasaki dan Suzuki sebenarnya sangat stabil . Jika Anda cukup berani, Anda dapat bersantai , melonggarkan cengkeraman Anda dan hanya menikmati sensasi kecepatan. Sangat mudah untuk menyatu dengan motor pada kedua motor ini (ZZR dan Busa), dan kita tidak benar-benar merasakan bahwa kecepatan turun ketika melintasi landasan pacu seluas dua mil.

BMW sedikit kurang stabil , tapi untuk ukuran sportsbike , sangat mengesankan , dan bodywork kecil jauh lebih efektif daripada yang terlihat . Kita tahu dari tes sebelumnya bahwa baik Busa dan ZZR akan mencapai real 200mph setelah limiter dilepas, dan bahwa BMW S1000RR dengan modifikasi minimal untuk balap Superstock akan mudah melewati speed trap di atas 190mph (310 km/jam).

Tapi top- speed yang dibatasi hanya memberitahu kita sebagian kecil dari cerita. Untuk menemukan raja sejati soal kecepatan, kita perlu melihat akselerasi . Pada lomba drag di seluruh dunia , Suzuki Hayabusa selalu menjadi senjata favorit pilihan , biasanya dengan swingarm diperpanjang untuk stabilitas , peningkatan kapasitas dan kadang-kadang bahkan turbo .

Drag Race
Tes akselerasi yang benar adalah jarak seperempat mil , dan telah berlaku sejak manusia menemukan mesin pembakaran dalam. Pencapaian waktu Kawasaki di bawah 10 detik hampir luar biasa untuk motor standar pabrik dengan ban standar. Beberapa motor modifikasi untuk drag race dibangun susah payah untuk memecahkan 10 detik, dianggap sebagai patokan waktu oleh banyak orang. Waktu Kawasaki adalah salah satu yang tercepat yang pernah kami catat bersama MCN . BMW dan Busa tidak jauh di belakang , mengesankan di panggung mereka sendiri , tetapi Anda tidak bisa berdebat dengan pemenang .

bmw s1000rr stoppie

Rem !
Menariknya ketiga motor sudah disenjatai dengan ABS , yang kami lepas untuk tujuan pengujian kami tentang pengereman jarak masing-masing motor dari 70 mph (115km/jam) ke 0 mph . Suzuki memiliki kaliper Brembo radial sejak tahun 2013, tapi masih tidak bisa menandingi kekuatan pengereman dari Kawasaki . Ini tidak benar-benar mengejutkan untuk mengetahui bahwa BMW keluar di atas – itu secara signifikan lebih ringan dari Busa atau ZZR ( hampir 70kg ) . Namun mengingat berat ekstra Kawasaki itu tidaklah jauh di belakang , hanya selisih setengah meter lebih untuk berhenti .

Kesimpulan
Kita pasti bisa mengatakan bahwa kita memiliki motor King of Speed – Kawasaki ZZR1400 .

Aku sudah bisa mendengar protes dari para fans Hayabusa , dan saya tahu fans militan  motor legendaris Suzuki itu akan kecewa – tetapi Anda tidak bisa berdebat dengan tes ilmiah yang objektif . Kawasaki ZZR1400 adalah sepeda tercepat di sini.

zzr1400
zzr1400

HP4 BMW telah mendorong batas-batas dari apa yang dapat dicapai dari motor 1000 cc inline , itu hampir satu meter dari ZZR di kali. BMW HP4 adalah tercepat ,  inline empat silinder 1000 cc  paling advance yang pernah kita diuji , tetapi jika Anda ingin motor produksi standar pabrik tercepat di planet ini pada tahun 2014 , Anda harus memilih “si hijau” .

Sumber : MNC England

Semoga bermanfaat

Wassalamualaikum

 

28 Komentar

  1. Oh iya ada yg kurang om. MPH harusnya di konversikan juga ke KMH, ga smua dari kita tau, biar bisa ngebayanginnya,, seberapa cepat motor2 standart di atas,, kalo ga salah 1mil= 1,6 km ya om? CMIIW

  2. ane bmw HP4 aja gan.. sebagai motor 1000cc yg ngelawan motor yg lebih besar 300-400cc tentu ini motor lebih efektif dan tentunya berat yg lebih ringan….

Silahkan Beropini