Stop Press…Michelin Pengganti Bridgestone, Penyuplai Ban Resmi MotoGP 2016

michelin

Yola dulur…. dapat info dadakan dari dunia balap motoGP. Sehubungan dengan mundurnya pabrikan ban raksasa Bridgestone dari balap motoGP di tahun 2016, muncul spekulasi tentang siapa yang bakal menjadi penggantinya.

michelin
michelin

Mulai dari pabrikan Pirelli yang sudah banyak makan asam garam pensuplai ban Formula-1, Pabrikan ban raksasa Amerika Dunlop, sampai pabrikan ban asal Prancis Michelin. Kalau ada info ban FDR atau Swallow menawarkan diri, itumah cuma guyonan belaka….. :D.

Nah… menurut kabar terkini, ternyata pabrik Ban Michelin yang terpilih menjadi pensuplai resmi ban motoGP di musim 2016 nanti. Kalau dilihat dari latar belakangnya sih nggak heran juga, Michelin sudah malang melintang di dunia ban balap motoGP, dan kancah terakhirnya di tahun 2008 yang lalu. Melihat track recordnya, Michelin dianggap paling mumpuni dan mampu serta berpengalaman dalam menyediakan ban untuk balap motoGP, mereka sudah paham cara meriset, uji coba dan mengetes ban agar sesuai dengan motor prototype motoGP dibanding pabrikan ban lainnya.

collin on michelin

Info terakhir, Colin Edwards yang akan pensiun di akhir musim ini, kepergok sedang mengetes ban Michelin di track Le Mans, sehari pasca balapan. Disinyalir doi memimpin pengembangan untuk Michelin jika merek Perancis mengambil alih dari Bridgestone sebagai pemasok ban resmi MotoGP pada tahun 2016 . Michelin mengajukan proposal resmi untuk mengamankan kesepakatan ban eksklusif selama Le Mans putaran akhir pekan lalu. Ini mendorong spekulasi bahwa veteran Amerika Edwards , yang akan pensiun pada akhir 2014 , akan meraih kontrak pengujian .

Edwards akan menjadi pilihan yang jelas mengingat pengalamannya yang luas , dan yang terpenting ia masih cukup cepat untuk memberikan umpan balik yang akurat untuk membantu pengembangan ban . Dia juga memiliki hubungan dekat dengan Michelin , dan selama waktunya di World Superbikes dan MotoGP , ia memainkan peran penting dalam pengujian ban dan pengembangan . Kedua gelar World Superbike dengan Honda pada tahun 2000 dan 2002 dimenangkan dengan ban Michelin .

Colin Edwards
Colin Edwards

Edwards mengatakan : ” Akubelum ada kontak , tapi itu merupakan sesuatu yang menarik bagi saya  . Itu semua spekulasi dan orang berpikir Michelin dan aku bersama-sama akan cocok baik setelah sejarah kita bersama-sama . Michelin tahu apa yang telah kulakukan . Aku bahkan tidak tahu jika saya di pemikiran mereka tapi saya pasti akan melihatnya. “

Batas waktu bagi pihak yang berkepentingan untuk mengajukan permohonan mereka untuk kontrak ban MotoGP tahun 2016 ditutup pada hari Kamis (22 Mei ) .

Semoga bermanfaat

Wassalamualaikum

Silahkan Beropini