Ketika Honda Bermain Dengan Ayago Demi Menjungkalkan Yamaha, Suzuki Akan Bagaimana?

sonic125rs
suzuki

Yola dulur…. dapat rumor gress tentang tingkah polah Honda melalui Ahm, bahwa tahun depan akan melengkapi line kelas 150 cc dengan tiga motor bermesin DOHC.

sonic125rs
sonic125rs

Dua motor tersebut sudah ketebak, yaitu naked 150 cc CB150 SF dan versi full fairingnya K45 atau CBR 150 lokal. Sedangkan motor ketiganya disinyalir adalah motor jenis ayago, dengan kode inisial K-56. Ya… hanya di ayago ini Honda belum mempunyai line produk motor. Kelas yang sudah sangat lama dikangkangi oleh suzuki dengan satria FU-nya.

Melihat pangsa pasar yang menggiurkan dari Satria FU yang melenggang sendirian selama bertahun-tahun, dan belum ada pemain lainnya yang moncer di kelas ini kecuali Suzuki dengan FU-nya, kemungkinan besar memang akan nongol ayago made in AHM bro. Sebenarnya di pikran deka, keputusan Honda mengeluarkan produk ayago sebenarnya bukan bertujuan untuk menyerang produk Suzuki. Hal ini ane simpulkan karena selama ini tidak ada friksi persaingan langsung antara Honda dengan Suzuki, seperti menikamti masing-masing jalannya sendiri-sendiri saja.

Kemungkinan paling besar Honda bermain di kelas ayago 150 cc ini adalah bukan untuk melawan Suzuki Satria FU secara langsung. Benar memang, nantinya Satria akan kena imbasnya secara tidak langsung, tapi tujuan utamanya bukan itu. Melainkan ini hanya collateral damage bagi Suzuki, atau efek samping dari polah Honda dalam menjalankan strateginya. Tujuan utama Honda bermain ayago adalah ambisi Honda untuk menguasi kelas motor sport secara keseluruhan.

Untuk melancarkan ambisinya tersebut, yang menjadi penghalang adalah yamaha dengan produk seperti New Vixion, R15, dan R25 nya sepertinya AHM kesulitan untuk  melawan secara head to head. Honda ingin mengangkangi kelas sport secara keseluruhan menggunakan strategi memperbanyak line produksi, toh masih mempunyai mesin dohc 150 cc yang bisa diaplikasikan ke model ayago seperti halnya satria FU. Dan dulu ada produk ayago Honda, meskipun impor dari thailand…. Sonic. Ada juga produk lokalnya bernama CS-1, namun melihat respon publik yang kurang suka dengan desain CS-1, kemungkinan ayago Honda adalah dengan desain sonic, bukan CS-1 (sekedar terawangan).

honda cs1
honda cs1

Nah… sedangkan kita ketahui bersama, nyawa suzuki saat ini ada di kelas ayago dengan satria fu-nya. Meskipun sudah lama tidak ada sentuhan signifikan, nyatanya satria fu tetap laris karena punya basis selera tersendiri. Nah kondisi ini mau tidak mau Suzuki kudu mengadakan perombakan total satria, sektor mesin masih terbuka lebar untuk dimodifikasi menjadi injeksi dan liquid cooled. Atau bisa juga ditanamkan tehnogi terkininya suzuki ke mesin dohc satria, seperti sistem pengaturan valve terbaru misalnya.  Desain mungkin hanya perlu facelift penyegaran agar tidak ada kesan membosankan. Namun utamanya adalah sektor mesin, karena kelas ayago, yang paling menonjol adalah power to weight ratio-nya.

satria_f150-se
satria_f150-se

Apakah Suzuki perlu membuat ayago lainnya? kalau ane beropini, tidak perlulah menambah line poduk lainnya selama masih ayago. Karena  segmen ayago sendiri terbatas pasarnya. Lebih baik fokus terhadap penyempurnaan Satria FU agar mempunyai keunggulan baru. Jika ingin menambah line produk, suzuki mending menambah di kelas sport batangan saja, yang selama ini masih mati suri.

Demikian opini dari ane, jika ada kesalahan opini tolong dilengkapi.

Semoga bermanfaat

Wassalamualaikum

26 Komentar

  1. Pabrikan sekelas ahm kok muencret2 yah nglawan sport yamaha

    Sampe2 bebek super [m̲̅][a̲̅][u̲̅] dimasukin ke kelas sport demi menjungkalkan sport yamaha

    Percuma mungkin

    Mending sekalian beat masukin ke kelas sport sm ahm

    Biar tak perlu nunggu bertahun2 untuk menjungkalkan sport yamaha

    Sebulan lgsg tumbang tuh

    Ngoahahahahahahaahahaha

  2. Andaikan honda masuk ke kelas ayago, analisa saya honda ingin menguasai pasar di kalangan anak muda kang, pasalnya yang akan sering beli motor jenis ini adalah pria atau wanita dibawah 25 tahun, CBSF dan All new CBR150 sasarannya adalah anak muda. Bercermin pada suzuki satria jarang kita temui bapak2 kepala 3 atau 4 beli motor ini kecuali untuk anaknya.
    Nah, untuk pasar satria f saya rasa gak bakal goyah dalam waktu singkat sebab betul yang mas katakan satria punya penggemar kusus, seperti pada jaman kejayaan rx-king dan ninja 2 tak.

1 Trackback / Pingback

  1. New Satria FI Lebih Nendang Dibandingkan Sonic? Dikandani Kok Ngeyel…. | 78deka

Silahkan Beropini