Sekali Lagi K45 Harus Memaksimalkan Potensi Mesin DOHCnya

k45 courtesy by bro joe motoblast

Yola dulur…motor yang masih ditunggu penampakannya adalah Honda K45 dari sekian motor sport yang hadir di tahun 2014 ini dari pabrikan Jepang.

k45 courtesy by bro joe motoblast
k45 courtesy by bro joe motoblast

Kawasaki sudah menongolkan Ninja 250 SL dan  Z 250SL-nya, Yamaha dengan R15 dan R25. Sedangkan Honda baru CBR 250 new facenya, masih ada adiknya yang berkubikasi 150 cc, berkode K45 atau CBR 150 lokal. Kalau dari rumor  di blogsphere, wujud CBR 150 lokal ini akan identik dengan CBR 250 secara desain, dan bandrol harga yang akan di sekitar harga R15, maka yang dinanti dari K45 adalah hanya di sektor performa.

Di kelas yang sama, kubikasi 150 cc sport fairing, Yamaha sudah membius publik dengan desain R15 yang cukup racy, kelincahan saat menikung, mesin yang sudah cukup di kenal oleh sebagian besar bengkel motor. Namun yang paling utama menurut deka adalah desain dan bentuk riil fisik motor yang sedap dipandang mata. Sedangkan spek dasar mesin sudah cukuplah untuk rolling di jalanan di marih,bisa top speed 120 km/jam udah cukup menakutkan buat ane, namun yang jelas torsinya muncul dari awal gas dibetot.

yamaha r15 model
yamaha r15 model

Sebenarnya euforia R15 ini bisa diganggu, bahkan dirusak oleh CBR 150 lokal ini,sepertipernah ane bahas di artikel ini. Ya… di artikel itu ane membahas potensi K45 yang bisa dijadikan senjata oleh Honda untuk menyerang pasar 150 cc. Senjata itu bernama performa mesin DOHC, dimana R15 masih memakai SOHC. Berkaca dari pemasaran CBSF dimana AHM sangat menjual spek DOHC, maka di K45 ini sepertinya akan terulang kembali.

(ilustrasi)
(ilustrasi)

Kalau pada kasus CBSF produk awal diiringi dengan isyu negatif tentang kualitas, namun sekarang sudah nggak dijumpai lagi. Namun titik berat deka adalah soal performa, dimana keunggulan mutlak dari mesin DOHC belum nampak. Dimata orang awam, yang namanya keunggulan harus nampak signifikan. Power DOHC hanya unggul tipis 11-12 atau bahkan disamai bukanlah keunggulan mutlak DOHC terhadap SOHC. Apalagi dibarengi dengan konsumsi bbm yang lebih boros… gimana mau menggoyang eksistensi mesin SOHC?

(dohc)
(dohc)

Nah… berkaca dari kasus CBSF, harusnya AHM membuat perubahan di K45 ini secara signifikan di sektor mesin…. harus unggul mutlak dibanding kompetitor. Kenapa? karena secara desain sudah kalah tenar dibanding R15. Desain memang soal selera, namun ketika mayoritas memilih desain R15 lebih ganteng mau gimana??? mau merubah mindset? lama bro dulur. Satu-satunya jalan mencari keunggulan di sektor lain diluar desain, faktor harga atau performa. Soal harga, emang mau AHM perang harga??? hmmmm impossible lah…. jualan nyari untung, kecuali jualan hanya sekedar hobi :D. Jadi ya cuma performa mesin tersebut K45 bisa digenjot sebagai keungulan mutlak.  Boleh kalah ganteng… tapi soal kemampuan weeeww jauh unggul… ini bisa menjadi senjata utama. Namun jika masih unda-undi 11-12 atau bahkan cuma menyamai mesin sohc…. wew… memalukanlah untuk menjadi modal jualan.

Semoga bermanfaat

Wassalamualaikum

24 Komentar

  1. Setuju sekali dgn artikel ini. Penilaian Ane AHM itu terlalu menekan hrga sehingga berimbas pada performa engine DOHC. Bnyk sekali kekurangan CBSF mulai dr fitur (tutup tangki jendol, ga ad pass beam dll) seharusnya ditutup dgn Performa yg lbh baik dr kompetitor. Tp fakta dilapangan?. Lebih memalukkan lagi wktu turun ke tangan konsumen mesin “Kemlothak” . Mending CBSF di tempelin mesin CS1 SOHC ditambah kapasitasnya jd 150cc akan lebih fair & tdk memalukan klo hasilnya amburadul begini.

  2. Semalam mesan indent R15 tp krn adanya Cbr lokal ane jadi kepincut sebab cewek ane bilang katenye susah duduk di belakang jaraknya jauh…

  3. emang cbr sama cbsf itu kemampuannya banyak disunat sama ahm. lah gimana ngak. yg harusnya bisa ngeraung sampek 13ribu rpm malah di buat cuma 10ribuan kbh dikit. yg harusnya maen pertamax malah di kasi premium. y maap2 aja ni. tp vixion kayaknya dah keluar semua kemampuan mesinnya untuk menghadang dohc sunatan ini

2 Trackbacks / Pingbacks

  1. New CBR150R Kok Malah “Umbar” Spyshot Desain Body, Lebih Afdol Kalau Umbar Spek Mesin | 78deka
  2. Yang Bikin R15 “Inferior” Dibanding CBR150 Bukan SOHC-nya, Tapi Overstroke-nya | 78deka

Silahkan Beropini