Ki Bagong Ngeden-Ngeden, Bongkar jam 1 Malam, Geret Mbah Bons Dari Kasur

ane dan ki bagong

Yola dulur….cerita ini adalah kisah sebenarnya, bukan fiktif. Cerita ini dimulai kemaren malam saat deka dirumah mantengin lappie bikin artikel.

ane dan ki bagong
ane dan ki bagong

Tiba-tiba hp berdering ada sms dari juragan warung bonsai, ngajak hang-out ke Cirebon kota, berhubung longgar ane iyain aja. Tapi  doi ngajak buru-buru, sehingga persiapan seadanya, rencananya mau pakai motor si Petersen anak sang rembulan Piter, jupiter mx. Namun karena masih di dalam rumah sedang mbah Bons ngajak buru-buru, akhirnya pakai Ki Bagong Pulsar 180 ane.

mbah bons... pinjem dari pak RT
mbah bons… pinjem dari pak RT

Padahal Ki Bagong agak sedikit ada masalah, sedikit bengek karena kemaren ane bongkar karburator yang bermasalah. Soal masalah apa, nanti di artikel terpisah saja. Singkat kata, ane jemput itu juragan kentut bonsai kemudian straight to city. Bener juga, ditengah jalan bengek Ki bagong kumat, motor brebet-brebet kalau ditambah kecepatan. Akhirnya ngalah ngikutin kemampuan jalannya motor, dijalan sepi diasepin mulu ama bebeker dan matiker, maklum cuma jalan di 50-55 km/j 🙁 . Diatas itu mulai bengek… ah yang penting nyampai tujuan dulu, urusan motor kumaha engke.

Setelah acara selesai, motor seperti normal lagi. Hal ini membuat ane berkesimpulan masalah ada di karburator, tepatnya di nosel pilot dan main jet. Ada kotoran yang menyumbat. Setelah mengantar Mbah Bons sampai rumah, ane punya inisiatif harus terselesaikan sekarang juga, karena besok ada acara lagi ke Cirebon pagi hari. Akhirnya ane balik ke rumah Mbah Bons karena peralatan mbengkelnya lumayan lengkap. Kaga peduli doi dah krukupan selimut, ane geret aja nemenin bongkar karbu…. jam 1 malam tepat. Bukan apa-apa, salah dia juga ngajak ke kota bikin motor ane brebet… tanggung jawab dong… :D.

bongkar ki bagong2
bongkar ki bagong2

Setelah proses bongkar motor dan karburator sukses ane bongkar,nampak kotoran mirip upil di mangkuk karbu. Nah…. ini sumber masalah tadi, bikin semburan bensin ke nosel terhambat. Kenapaada upil epoxy di mangkuk karbu ada hubungannya dengan kejadian sebelumnya, nanti di artikel terpisah saja. Pantas saja motor jadi bengek, asupan bensin berkurang, membuat mesin terasa sangat panas karena setingan bensin menjadi lean. Rencana cuma bersihin mangkuk dan semprot pakai karburator cleaner ke nosel. Tapi mulut mbah bons penuh racun : ” Nanggung… karburator udah dibongkar mah sekalian bersihin total saja…” katanya. Padahal ane bongkar karbu baru 2 kali ini. Namun si Mbah bilang, kalau nggak nekat, kapan mau bisa bongkar sendiri, katanya. Kalau misalnya nggak jadi besok pagi juga ada bengkel buka…. #Wassem……

bongkar ki bagong
bongkar ki bagong

Tapi bener juga, akhirnya ane bongkar total karbu dan bersihin total…. dan…. sukses masang lagi ke motor. Ane stater langsung tok-greng…. wehehe….. akhirnya berhasil nih bongkar pasang karbu sendirian. Mbah Bons mah cuma mandorin, ama kebiasaan buruknya kambuh…. ke toilet ampe dua kali….duh… emang ane ini trigger syaraf kebelet apa ya? setiap ke situ kok seperti ini. Ternyata jam sudah menunjukkan jam 03.00 dini hari. Hehehe… kapokmu kapan mbah…. ane paksa begadang nemenin bongkar motor.

Tapi berhubung ane baik hati, malam berikutnya langsung ane ajak bakar ayam…. hehehehe… enak to… manteb to…….

Ini cerita ane… mana cerita anda??…..

23 Komentar

1 Trackback / Pingback

  1. Servis Pelampung Karburator Bocor Secara Praktis Murah Gampang…. | 78deka

Silahkan Beropini