AHM Belajar Dari Kasus Mio, Bagaimana Yamaha?

honda-beat-fi-2014 metik fenomenal
honda-beat-fi-2014
honda-beat-fi-2014

Yola dulur…motor metik keluaran AHM paling fenomenal sampai sekarang adalah Honda Beat. Metik ini adalah titik kulminasi kesuksesan Honda menggulung Yamaha dari singgasana raja metik yang dikangkangi selama bertahun-tahun dengan Mio-nya. Kisah guyon kudeta tahta metik oleh beat bisa dilirik lagi di artikel ini.

Mungkin itu jawaban Honda kenapa saat Yamaha nyemplung di kelas metik, Honda waktu itu ngga ikut-ikutan selama beberapa tahun. Mungkin Honda membiarkan Yamaha yang membuka pasar kelas metik, merintis demand metik. Begitu pangsa pasar terbentuk, mulailah Honda ikutan bermain, sekali lagi mengandalkan kekuatan brand, dan hasil pengamatan akan kompetitornya dan menemukan kelemahan di segi fitur. Apakah ini strategi curang?? NGGAK…. dalam bisnis itu yang penting sukses, salah sendiri Yamaha tidak ada pre-emtive attack, tidak membangun tembok pertahanan kuat di kelas metik.

beat fi cbs
beat fi cbs

Honda dengan AHM sudah mempelajari sisi lemah dan kelengahan Yamaha dalam pengembangan dan mempertahankan pangsa pasar. AHM tidak ingin melepaskan mahkota metik dari beat, mangkanya Beat akan sering dipermak baik secara visual maupun fungsional. Dari penggantian karburator ke injeksi, penambahan fitur, sampai penggantian striping. Hal yang tidak terjadi saat Mio menjadi raja metik waktu itu.

AHM sepertinya tahu, pangsa pasar metik entry level itu membutuhkan metik yang fungsional, banyak menyimpan barang, relatif nyaman, onderdil gampang, harga jual balik bagus, irit, murah perawatan. AHM juga pandai menjual penambahan pernik-pernik kecil yang nempel di beat, mereka tahu pembeli entry level sangat senang dengan hal-hal yang baru, meskipun hal yang sangat sepele, misalkan cantolan barang yang beda desain, namun karena pabrikan meblow-up secara cantik, maka akan nampak perubahan yang sangat wah.

Yamaha Mio J
Yamaha Mio J

Dengan strategi ini, AHM bisa menekan habis market share metik yamaha sampai 50 %-nya. Yamaha seperti kehabisan cara untuk mengembalikan pasar metik yang pernah diraihnya dengan produk-produk yang ada sekarang. Padahal udah menggelontorkan berbagai variasi macam metik dengan penambahan fitur-fitur, seperti yang dilakukan oleh AHM, namun hasilnya berbeda dengan saat diterapkan oleh AHM. Yo jelas beda, lha wong psikologis pembelinya udah beda, kali ini Yamaha menghadapi psikologis masyarakat yang sudah berpaling hati, bukan masyarakat kenalan pertama.

yamaha new_metic engine
yamaha new_metic engine

Dalam opini ane, Yamaha harus meninggalkan image produk yang sekarang. Sudah jelas produk yang ada sekarang baik mesin, fitur, desain tidak begitu menarik hati konsumen dimarih, tetep ada yang tertarik, tapi faktanya jauh lebih banyak yang madep manteb suka metiknya Honda. Yamaha harus berhenti, stop membawa image produk yang sekarang, kemudian mulai membuat gebrakan proyek metik baru, baik mesin, desain, kualitas,  fitur, kenyamanan, dan fungsionalitas. Tidak semua pembeli metik mengejar speed, ada juga yang mencari metik yang punya image nyaman, serbaguna untuk harian. Sebuah produk yang belum terwakili oleh satupun metik Yamaha. Denger-denger Yamaha mempunyai prototype mesin metik 125 cc yang baru… Nah…. bisa tuh proyek dimulai dari ini. Atau udah nerima saja kalau Yamaha selalu sebagai second hand hero ? semoga tidak.

Ini hanya opini pribadi blogger kampung, bukan ahli marketing maupun ahli motor, jika punya opini lain silahkan dishare.

NB : Gambaran nasib mio mungkin bisa digambarkan seperti video-clip bonus berikut ini 🙂

Bonus… Deep Purple…. King Of Dream

Semoga bermanfaat

Wassalamualaikum

14 Komentar

  1. Setuju banget sama tulisannya, Ini bedanya kalau brand dipegagng Astra, mereka mikirnya jangka panjang, bukan untuk saat ini doang. mereka sudah membahas future planning jauh ke depan dibandingkan dengan kompetitornya.

  2. Kalau saya blh berpendapat sebenarnya Honda (AHM) dan Yamaha itu memiliki satu tujuan yang sama yaitu membela kepentingan Jepang untuk menjajah dan menguasai pasar kendaraan bermotor roda Indonesia. Tapi kita dng asyik dan bodohnya melihat bahwa yg bertempur adalah Honda vs Yamaha. Gambaran besarnya spt itu kurang lebih. Parahnya lagi masyarakat kita dng sukarela menjadi corong masing2 perusahaan dng GRATIS pula.. baik FBH, FBY, maupun para teman2 blogger…inilah penjajahan era modern kawan. Mana ada hari gini orang yg mau susah payah bahas mobnas ataupun motnas Indonesia..ngoahahaha..yg ada kita malah menertawakan bangsa sendiri. Lucu sekali..haha

1 Trackback / Pingback

  1. R25 Dan R15, Tonggak Baru Strategi Yamaha? | 78deka

Silahkan Beropini