Yamaha R15 VS Honda CBR150… Pilih mana???

data komparasi r15 dan cbr motor+ dari iwb
data komparasi r15 dan cbr motor+ dari iwb
data komparasi r15 dan cbr motor+ dari iwb

Yola dulur…. hari ini blogsphere lagi hot dengan topik komparasi Yamaha R15 vs Honda CBR150R. Komparasi data dyno test yang dibuat oleh tabloid Motor plus ramai dibahas karena menyangkut dua pabrikan dan produk yang sama-sama HOT. deka sebagai blog penggiran ngikut arus saja…. ikut urun rembug ngebahas komparasi dua motor sport fairing tersebut…. tapi telaah enteng-entengan tanpa mencari unsur kompor-komporan.

Yamaha-R15- vs cbr150
Yamaha-R15- vs cbr150

Hasil uji tabloid motorplus tersebut secara global atau keseluruhan menunjukkan selisih 11-12 antar kedua motor sport tersebut. Dimana R15 unggul di Torsi dan CBR150 unggul di peak power. Ini berarti masih mengikuti aturan ilmu pertehnikan motor dimana dohc unggul di capaian kitiran atas atau capaian rpm lebih tinggi, dan sohc nampol dari awal sampai redline. Secara umum disimpulkan bahwa R15 lebih lincah, lebih agresif untuk trek stop and go, tikungan dan naik turun gunung. Sedang CBR15 mantab untuk trek lurus nun jauh…

r15 dan cbr 15
r15 dan cbr 15

Ada tulisan menarik oleh dulur motogokil yang mengulas komparasi ini di artikelnya disini. Hasil analisanya secara umum hampir sama bahwa R15 lebih asik dari rpm bawah sampai 9500. Sedangkan CBR150 mulai unggul power di rpm 9000 sampai limiter di sekitar 11.000an, dimana peak rpm CBR tidak bisa diraih oleh R15 spek standar pabrik. Kemudia ada yang menarik dari opini om motogokil bahwa CBR150 masih menyimpan tenaga di rpm yang tak teraih oleh R15.

Seribu hampura buat dulur motogokil, bukan ane lebih pinter atau ingin menggurui, namun dari kacamata awam seperti ane, ketika CBR150 mencapai rpm diatas 10.500, bukan berarti R15 punya torsi dan power 0. R15 memang tidak bisa mencapai rpm setinggi CBR150, namun bukan berarti terus mesin mati, namun kembali ke rpm 10.500 yang mengandung power 14,01 dk. Sedangkan CBR150 bisa dilihat di data dulur motogokil masih menyimpan torsi power sebagai berikut

data-cbr150 high rpm by motogokil
data-cbr150 high rpm by motogokil

Di pikiran ane, setelah rpm 10.500 R15 sudah konstan di topspeed, sedangkan CBR150 masih bisa mengais topspeed yang tersisa. Sedangkan topspeed diraih berdasarkan power output mesin, dimana peak power cbr150 ada di rpm 10.000 yaitu 15,55 unggul tipis dari R15 yang di 15,07. Ini berarti di redlinenya CBR150 sudah tidak bisa meraih tambahan topspeed, hanya menjaga topspeed lebih konstan karena punya tabungan power (mempertahankan momentum) yg lebih banyak dibanding R15. Kalau di trek datar tidak begitu pengaruh, beda jika jalan agak naik atau terpaan angin lebih besar, maka CBR150 lebih bisa menjaga topspeednya dibanding R15.

Yamaha-R15-vs cbr150
Yamaha-R15-vs cbr150

Nah…terus manakah yang lebih unggul? Ini kembali ke karakter masing-masing pengendara. Kalau ingin yang lebih irit, pemeliharaan mesin lebih simpel, tarikan bawah yahud, untuk trek dalam kota atau tidak untuk touring ย sepertinya cocok dengan R15. Jika sukanya jarak jauh, suka main rpm tinggi, nggak begitu perhatian samaย biaya pemeliharaan, sepertinya cocok dengan CBR150. Ada lagi jika ingin ngoprek spek lebih tinggi untuk turun di sirkuit masih terbuka untuk spek dohc… syaratnya perlu tambahan dana. CBR juga mengusung merk Honda, image motor import, harga lebih mahal kalau ndak boleh dibilang overprice, untuk kalangan tertentu hal yang sangat penting… pride.

Lha terus menurut deka sendiri pilih mana??? yo ndak pilih dua-duanya, wong rung nde det….Yang jelas mana yang lebih unggul, jika R15 maka tidak membuat jupiter mx di rumah lebih kencang, jika CBR150 yang unggul juga tidak membuat beat di rumah lebih kencang juga.

Semoga bermanfaat

Wassalamualaikum

Cabut diri naik ki bagong pulsar ane…..ngueeeng….

 

46 Komentar

  1. Karena tujuan ane pemakaian dalem kota ane millih R-15, bosen naik naked melulu :v . Persetan dengan yang ngurusin top speed, ane ga suka bawa motor sruntul sruntulan.. no offense bagi yg merasa, ini cuma pendapat pribadi ๐Ÿ˜€

  2. Ane Pilih R15 lah…lebih stabil n kuat…lebih kenceng…aerodinamis….di India n Thailand R15 lebih unggul dari CBR150….5 hari yg lalu uji coba di sentul besar R15 lebih unggul dari CBR150….realistis aja bro…R15 lebih mantap segala hal…

  3. Kalau mesin SOHC yamaha r15 lbh hebat dari DOHC CBR150, knp yamaha YZR M1 gak pake mesin SOHC ya kyk R15, tapi mlh pake mesin DOHC kyk Honda. Jadi DOHC CBR150 jelas lebih unggul dari SOHC R15. Buktinya gak ada ceritannya mesin SOHC Yamaha menang lawan DOHC Honda. Sudah terbukti kok.

  4. Jangan terlalu percaya ama yamaha gan buktinya ujung tanduk penjualan tinggal di indonesia, dinegara lain kurang laku. Dinegara lain biar kata bentuk keren kalo kualitas pas pasan harga gk sesuai gk laku gan.
    Contoh vixion masalahnya itu2 aja berartikan bukan produk yg gagal tpi emang pembuatannya kurang rapih. Kualitasnya kurang.
    Saya pribadi melihat r15 tuh ngeliat vixion lama dipakein baju, gigi dijadiin 6 power ditingkatin eh harganya beda 5jta lrbh kn gk logis.
    Makanya saya bulan ini jadinya ngambil kawasaki p200ns harga bersaing ama nvl mesin tercepat di 225 kebawah selama ktm duke yg 52 juta harganya belum dipasarin di indonesia. Irit iya cuma spare part rada sulit wajar motor baru, bentuk sadap, kalo ada duit 2,5 jt juga dah bisa ngebentuk fairing apa aja

    • Betul jg sih kata bro ilyas. Tp kbanyakan org emg biasanya ngeliat segi nama dan pnampilan sih bkn dr segi kualitas teknologi mesin. Piss bero cm pndapat ane.. hehe

  5. kalo mnurut ane si dari dulu pabrikan Y ngiklannya suka rada lebay liat ja sikomeng dsb. v sekarang pabrikan H juga mulai ngikutin aga lebay,padahal dulu sblum pake iklan lebay produk H paling banyak penggemarnya,ane jd tambah bingung kalo sekarang mana pabrikan yang bisa di percaya iklannya,v berat ke H aja deh coz dah kesengsem ama mesin nya.
    mulai dari c100 dst……..

  6. Gw pernah nyoba trek lurus yg ada naik turunya didaerah pamularsih, semarang. Hasilnya sama aja, salip salipan trus brenti di lampu merah hampir baengan selisih brp detik doang.
    CBR150 menang trek lurus doang, R15 dipake dijalan yg naik turun menang, sedangkan di indonesia jalanya ga cm lurus lempeng bray, ya bagusan sih R15. Klo menurut gw. Masalah mesin awet ato ga mah tergantung perawatan org yg naikin. Body? Bagusan R15 klo menurut gw. Ga tau sih klo kalian

  7. Ya milih CBR 150 lah bos…………….. CBR itu sudah teruji, cuma ya kalo dana mefet ya itu bukan karena pilihan, tapi cenderung ke nasib memilih R15,. untuk penyeimbang, misalkan harga CBR 150 harga baru sama dengan R15 baru,. pilih mana..?

  8. Permisi Admin, mau numpang Ngiklan

    YAMAHA SUMBER BARU MOTOR NGABEAN
    Jl KHA.DAHLAN 84/88 YOGYAKARTA
    ————————————————————————-
    Promo Bulan Agustus PAKET SUPER MURAH DP 1 juta (KTP Yogya)
    MIO J Angsuran 475 x 35
    MIO J CW Angsuran 500 x 35
    MIO GT Angsuran 510 x 35
    GT 125 Angsuran 625 x 35
    SOUL GT Angsuran 540 x 35
    FORCE Angsuran 530 x 35
    VEGA RR DB Angsuran 470 x 35
    Hub : 0877-456-21222
    KTP NON YOGJA DP Minimal 30 % Dari Harga/Bisa Dibuatkan KTP Free (Syarat dan ketentuan Berlaku)
    ——————————————————-
    Sms alamat anda, data anda kami jemput
    solusi kredit motor mudah dan cepat
    ——————————————————-
    1.Proses Mudah & Cepat (paling lambat 2 hari motor sudah diterima)
    2. Diskon Gede (silakan bandingkan)
    3. Angsuran Ringan
    4. DP sudah termasuk biaya Administrasi, Asuransi, dll (sudah bersih)
    6. Free Ongkir se-YOGYAKARTA
    7. Pembayaran Angsuran bisa melalui Bank, ATM,Leasing atau kantor POS terdekat
    8. Bonus Service Gratis bisa dipakai di seluruh Dealer Resmi Yamaha Se-Indonesia
    9. STNK dan Plat nomer bisa diantar
    10. Dp bisa Negosiasi

1 Trackback / Pingback

  1. Kopdar Bersama Mafia Kampus Cirebon | TegeanBlog

Silahkan Beropini