Senjata Rahasia RCV-nya HRC Adalah….

honda rcv

Yola dulur…. beberapa waktu yang lalu deka telah membahas dominannya Tim HRC pada tiga balapan awal gelaran motoGP musim 2014 ini, salah satunya adalah digdayanya motor andalan mereka. Artikel ini.

honda rcv
honda rcv

Selain faktor pembalap mereka yang memang mempunyai skill alien, HRC mempunyai faktor Shuhei Nakamoto yang sudah berpengalaman menjalankan Tim Formula 1 yang jauh lebih kompleks baik logistik maupun researchnya.

Ilmu dan research di formula 1 ini dibawa ke tim HRC, opo ora nyamleng tenan rek. Nah research atau penelitian ini adalah spesialisasi Honda corp dari jaman baheula. Untungnya pabrikan yang kaya akan penelitian ya seperti ini, jika para insinyurnya mempunyai proyek baru, meskipun mahal dan mempunyai prospek bagus, ya di acc… hasil proyeknya diterapkan dulu atau diuji pada motor prototype, salah satunya ya prototype RCV ini.

shuhei-nakamoto
shuhei-nakamoto

Jadi ujung pangkal senjata rahasia, atau yang membawa rahasia ini adalah Shuhei Nakamoto. Di pikiran ane, ada 3 faktor besar yang menjadi senjata rahasia HRC, jika SSG atau Seamless Shift Gearbox adalah senjata dahsyat yang diumbar, maka senjata rahasia ini sedikit yang menyinggungnya karena sedikit tersembunyi, atau cuma nyempil tidak kelihatan.

rcv honda
rcv honda

Yang pertama adalah faktor Rem. Entah tehnologi apa yang yang dipasang pada RCV ini, sehingga tidak ada keluhan sama sekali dari 2 pembalapnya, dan itu berlangsung dari awal musim tahun yang lalu. Marquez seperti santai saat melakukan late breaking, berbeda cerita dengan Rossi yang dari tahu lalu memberikan masukan bahwa M1 ada masalah dengan sistem remnya.

ilustrasi
ilustrasi

Senjata rahasia kedua adalah ECU RCV. Ini juga masih sangat misterius, karena ECU yang berperan sebagai otak yang mengatur seluruh sensor yang tersemat pada RCV. ECU RCV ini yang tahu hanya orang-orang dalam HRC sendiri, program apa yang dipakai, data log seperti apa yang mereka pakai, hanya mereka sendiri yang tahu. Yang jelas efeknya Power RCV begitu mumpuni, namun mesin tidak liar saat downshift atau perubahan gear. Dan yang jelas dalam pengaturan asupan bahan bakar, RCV seperti santai, ngga takut kehabisan bensin saat race. Berbeda dengan M1, dimana pembalapnya dan team masih memikirkan manajemen penggunaan bbm saat race. Tidak heran, HRC adalah Team yang menolak keras perubahan regulasi yang mengharuskan penyeragaman hardware ECU, hilang sudah salah satu senjata andalan mereka.

rcv honda
rcv honda

Dan yang terakhir adalah Frame atau chasis secara keseluruhan. Masih ingat beberapa tahun yang lalu? dimana motor RCV terlihat geal-geol saat keluar dari tikungan. Nah dari 2-3 tahun yang lalu, kejadian seperti ini berangsur berkurang dan hilang dalam 2 tahun ini. Berarti ada perkembangan yang signifikan pada perubahan Chassis mereka,dimana ini awalnya sebagai kekuatan Yamaha.

ASIMO
ASIMO

Masih ingat teori robot asmuni asimo yang pernah dilontarkan oleh Bung Matteo? Menurut ane ini sangat logis. Dengan menempelkan tehnologi keseimbangan pada motor RCV, membuat pembalap pede habis saat melahap tikungan dengan sudut kemiringan lebih ekstrim tanpa khawatir ndlosor. Style ini sangat cocok dengan style balapannya Marquez yang nekad habis… ndak ada cerita RCV ndlosor saat nikung dalam kondisi normal, kecuali ada benturan dengan motor lain. tehnologi keseimbangan ini ada hubungannya dengan frame total motor dan ECU sebagai otaknya.

Kalau udah kayak gini, gimana mau mengalahkan paket Marquez dan RCV-nya???? Team lain kudu lebih meningkatkan semua sumber resource-nya. Dan ini perlu waktu lama…. Kecuali ada perubahan regulasi dari Dorna.

Ini hanya opini pengamat ecek-ecek dari kampung. Terbuka lebar dengan kesalahan opini. Jika punya opini lain, silahkan dishare.

Semoga bermanfaat

Wassalamualaikum.

35 Komentar

  1. analisane mªªªªñÑñ†††ªªªªªPP. SurªªªªñÑñ†††ªªªªªP mas….sangat logis sekali…tp siap2 disebut fbh
    ˘ ºˇ ώκώЌώκ ˚•☺•˚ώκώЌώk

  2. Setuju pakdhe,team paling sugih arep riset opo wae gampang duite,sayang produksi masal honda indonesia belum terjamah

  3. itu dah kenyataan, C Stoner prnah bilang trlalu mudah untuk mngendalikan RCV..
    ingat untuk rahasia k 4 nya stoner jgn sampai mnyemplak kompetitor, sy yakin jk stoner d yamaha akn seru krn skill stoner sgt trlihat saat uji coba rc1000r untuk open class aja lap time selisih cuma 0,3 dtk dr RCV pdhl tuh motor masih amburadul teknonya.. opini pribadi..

3 Trackbacks / Pingbacks

  1. Review MotoGP Jerez : Semua Gara-Gara Honda… | 78deka
  2. komentar Gigi Dall’igna Menguatkan Opini Kalau Marquez Membalap Dengan Bantuan Asimo | 78deka
  3. Sandiwara Blog Kisah Lahirnya Asimo Di RC213V ( Part 1 ) | 78deka

Silahkan Beropini