Darmogati Ingin Seperkasa Kuda

mustang

Yola dulur…. kisah Darmogati kali ini mengenai dunia klenik, dimana Darmogati meminta sesuatu dengan cara nenepi atau semedi dan berhubungan dengan makhluk halus. Tidak usah diambil serius, hanya untuk candaan belaka.

mustang
mustang

Darmogati sudah tidak tahan lagi dengan kondisi hidupnya, dia sudah merasa orang termalang di dunia ini (lebay), muka jauh dari kata ganteng, harta ngga punya, gimana ada cewek yang mau pacaran dengan dia…batin Darmogati. Mungkin dulu dengan modal piksen abangnya masih bisa menarik beberapa cewek untuk menjadi demenannya, namun seiring munculnya motor-motor yang up to date dan makin ngikutin jaman seperti ninja, r15, cbr, er6, dan lain-lain, makin sulit menggaet cewek.

Nah di saat kegundahan jiwanya membuncah tersebut, dia mendapat kabar kalau ada sebuah gua di lereng Ciremai yang afdol untuk semedi, jika ketemu sama penunggunya maka akan dapat 3 permintaan yang akan dikabulkan. Mendengar kabar itu, ndak pake lama Darmogati langsung meluncur ke tekape dengan mengendarai piksen abangnya. Setelah menitipkan motornya ke warga, dia melanjutkan dengan jalan kaki ke arah gua tersebut.

ilustrasi
ilustrasi

Sesampai di gua yang terasa jarang dirambah orang karena terletak di jauh di dalam hutan, Darmogati langsung memantabkan niat mau semedi sampai ketemu dengan yang mbahurekso tempat itu, kalau belum ketemu tidak akan beranjak dari tempatnya semedi. Benar juga sudah dua hari dua malam Darmogati tidak keluar gua… Nah di  hari ketiga dia mendapatkan penampakan yang mbahurekso tempat itu. Sesosok orang tua berjenggot berbaju serba hitam dan memakai ikat kepala batik, seperti orang-orang jaman kerajaan dulu.

ilustrasi
ilustrasi

Penampakan itu berdehem dan bersuara menggema, ” Hey ki sanak… aku telah melihatmu bersemedi selama tiga hari ini, aku mengetahui kesungguhanmu untuk bertemu denganku, aku sudah tahu tujuanmu, kamu ingin meminta sesuatu kan? ”

Darmogati yang duduk bersila senang bukan kepalang bertemu dengan sang mbahurekso itu, lantas dengan posisi menyembah Darmogati berucap ” Oh.. betul mbah…saya melakukan semedi ini agar bertemu dengan mbah, karena saya ingin pertolongan mbah…”

” Berhubung kamu sudah melakukan semedi selama 3 hari, maka aku akan mengabulkan 3 permintaan, tapi dengan syarat tiap tahun, tiapbulan Suro kamu memberikan sesembahan berupa wadal, yaitu satu nyawa dari keluargamu..mau??? ” kata penampakan itu.

Berhubung Darmogati merasa sudah tidak punya kelurga lagi, maka dengan girang dia menyanggupinya….” Orang tuaku sudah meninggal, ngga punya saudara…ah bodoh bener makhluk ini ” batin Darmogati. Kemudian dia berucap ” Baik mbah… saya menyanggupi syarat yang mbah minta”.

” Baik apa permintaanmu ki sanak? langsung terkabul saat ini juga. ” Tanya si Mbahurekso.

“Mbah saya ingin bermuka ganteng seperti Johnny Depp, ini fotonya mbah…” sambil menunjukkan foto tersebut ke orang tua tersebut.

johnny-depp
johnny-depp

” Baik…sekarang mukamu seperti yang di foto itu.. ” katanya.

Dengan segera Darmogati mengeluarkan cermin kecil yang sudah dipersiapkan sebelumnya….Dan bener juga mukanya bak Johnny Depp yang ganteng itu. Dengan muka berseri-seri dan gembira dia berucap ” Terima kasih mbah… sekarang permintaan berikutnya, saya minta emas 10 kg dan uang 100 milyar mbah…..”.

” Ah… permintaan mudah… sudah terkabul…lihat di belakangmu…” orang tua itu berujar.

ilustrasi
ilustrasi

Sontak Darmogati menoleh ke belakang… jantungnya seperti berhenti berdetak, matanya membelalak melihat tumpukan uang dan emas yang seumur hidup belum pernah dia lihat… boro-boro melihat, membayangkan saja ngga mampu. Dengan senyum puas dan penuh kebahagian dia langsung ambruk ke tumpukan harta tersebut, sampai lupa masih ada satu permintaan lagi.

Orang tua itu kemudian berkata ” Masih ada satu permintaan lagi ki sanak…apa lagi? “.

Sambil menata degup jantungnya, Darmogati memutar otaknya…. ” Aku udah ganteng kaya Johnny Depp, udah kaya raya dengan hartaku sekarang, apalagi yah?? “.

Di saat Darmogati berpikir, tiba-tiba muncul kuda liar yang gagah perkasa di pintu gua itu. Melihat kuda itu membuat darmogati mendapat inspirasi permintaan berikutnya.

” Udah ganteng, kaya raya, apalagi gagah perkasa…. semua cewek se-Cirebon Kuningan bakalan klepek-klepek…. Awas….siap-siap gadis-gadis Kuningan yang elok itu jadi korbanku….. NGOAHAHAHA ” batin Darmogati.

” Baik mbah… mbah memang pemurah, permintaan saya terakhir adalah saya ingin gagah perkasa, ini saya (sambil menunjuk ke dalam celananya) seperti kuda itu mbah ” ujar Darmogati.

” Baik… ini permintaanmu terakhir….tidak ada lagi permintaan yang bisa aku kabulkan….sekarang sudah terkabul ! ” orang tua itu bersabda.

Darmogati merasakan adanya perubahan di dalam celananya, dengan terburu-buru dia membuka celananya. Melongok ke tumbak korowelang alias botol akas, Darmogati kaget bukan kepalang…….

Bukannya barang super besar yang dia jumpai… tapi botol akas yang sangat berharga itu malah hilang, berganti seperti belahan kue serabi…

” WADOOOW !!!!! mbah…. mbah salah mengabulkan permintaan terakhir… ini kenapa malah berubah kaya gini mbah? ” ujar Darmogati.

” Jangan meremehkan saya, aku selalu tepat dalam pengabulan permintaan… Coba kamu dekati kuda itu….” Ucap penampakan itu.

Darmogati berlari mendekati kuda itu dan mengamatinya… ” Heitttsss MODAR TENAN aku….. jebul ini kuda betina…. pantesan kaya kue serabi kayak gini “barangku” !!! ” ujar Darmogati.

” Percuma aku ganteng kayak Johnny Depp, harta banyak, tapi aku ndak punya tumbak sumber enak itu, gimana aku menikmatinya ” batin Darmogati galau… Kemudia dia menghambur dan tengkurap memohon ke penampakan orang tua itu..

” Ampun mbah…. mohon minta 1 permintaan lagi walaupun dengan syarat tambahan yang  lebih berat mbaaaaahhhhh…. ” Darmogati meratap dan memelas.

” Keputusanku tidak bisa diganggu gugat… cukup 3 permintaan dan sudah aku kabulkan…. Lagian aku dari awal sudah tahu, kamu akan mengakaliku. Aku tahu kamu tidak punya kelurga… makanya aku munculin sesosok kuda betina itu, biar kamu terjebak….NGOAHAHAHAHA….. ” Gema suara si mbahurekso itu sambil memudar hilang. Meninggalkan Darmogati yang menangis menyesal dengan kondisinya sekarang.

 

 

 

 

18 Komentar

Silahkan Beropini