Yang Tersisa Dari MotoGP Austin : Bridgestone Mlongo Dengan Fakta Masalah Ban Depan

suzuki

Yola dulur…… info dadakan dari balap motoGP. Gelaran MotoGP seri Austin memang sudah selesai yang menelurkan Marquez menjadi kampiun tahun ini.

ban setelah gp austin

Namun masih ada berita menarik yang tersisa dari hasil balapan tersebut. Pihak penyedia ban MotoGP Bridgestone mengumpulkan data soal efek ban setelah balapan selesai, untuk pengembangan ban berikutnya. Dan bridgestone mendapatkan fakta yang membuat pihak pabrik ban tersebut terkejut, tidak sesuai dengan prediksi mereka. Bridgestone tidak mengharapkan fakta ini terjadi saat gelaran MotoGP Austin ini.

Marquez
Marquez

Beberapa pembalap  melaporkan keausan berlebihan pada sisi kanan ban depan saat balapan di COTA , dan yang paling parah terkena imbasnya adalah  Valentino Rossi . Bekas ban stelah balapan selesai sangat buruk sekali, seperti pada gambar diatas. Rider Italiano itu awalnya nampak di jalur untuk tantanganberebut posisi podium kedua berturut-turut pada tahun 2014, namun ia harus  melambat secara dramatis karena kurangnya grip ban depan dan ia akhirnya selesai urutan kedelapan.

valentino rossi
valentino rossi

Rookie asal Inggris Scott Redding juga memiliki masalah besar dan Honda RCV1000R Gresini-nya gagal mendapat poin setelah kehilangan grip ban depan sebelah kanan pada tahap penutupan lomba yaitu di lap 21. Redding mengatakan ban tiba-tiba kehilangan kinerja di sisa tujuh lap dan chief engineer Bridgestone Masao Azuma mengatakan masalah belum bisa teratasi .

bridgestone-tech

Azuma mengatakan : ” Abrasi yang tinggi di sisi kanan dari ban depan di beberapa rider saat balapan adalah masalah yang tak terpikirkan sebelumnya. Ada beberapa bagian dari sirkuit yang sangat menuntut di sisi kanan ban , tapi alokasi kompon ban kami untuk balapan ini dirancang untuk memenuhi tuntutan tersebut .

” Kita perlu melihat semua variabel termasuk riding style,  karakter mesin dan kondisi trek saat balapan untuk mencari tahu mengapa kita mendapatkan  abrasi tingkat tinggi selama perlombaan , dan mengapa beberapa rider terkena dampak lebih daripada yang lain .

” Sepertinya kita tidak menyangka dengan tingkat abrasi tinggi yang tidak terjadi di tahun lalu atau selama free pactice dan kualifikasi tahun ini , ban dan data dari Amerika Grand Prix akan dianalisis di Pusat Teknis kami sehingga kami dapat mengetahui mengapa hal ini terjadi . “

Wew… pantesan Rossi yang awalnya ngotot tiba-tiba ngedrop dia akhir balapan. Ternyata bannya tidak mendukung riding style-nya.

Semoga bermanfaat

Wassalamualaikum

30 Komentar

      • Iya om, masalah riding style yg berbeda, itukan sudah masuk ke ranah “bakat” masa iya semua pembalap harus sama gayanya, terutama rossi, yg kita tau sejak dulu main betot ditikungan, selalu nyalip pembalap lain ditikungan,( jujur motor marques kalo di jalan lurus lbih kencang kelihatannya) kalo masalah ini di bebankan pada gaya si pembalap ya susah, karena riding style yg berbeda ini yg bikin rossi masih bisa berkompetisi di depan, toh dulu2 gada masalah separah ini kan? Ini harus di fikirkan oleh fihak BS, agar tak merugikan pmbalap,
        Smoga bs tidak kekeuh bertahan dgn ban ini

  1. hhm ada yg aneh yaaa sama stock ban brigstone buat tim moto gp

    liat aja para pembalap pada kelimpungan pakai ban brigstone ini
    dari ducati- crutclow dan ionne yg awalnya ngacir lalu di honda rcv bautista yg ndolosor sampai mbah rossi yg angkat bicara

    tapi di team marq& dani nyaman nyaman aja padahal gaya riding marq sliding otomatis ban tergerus lebih cepat, serta riding dani saya kira hampir sama seperti pembalap lainnya ..

  2. Orang “B” mengembangkan ban sama HRC kok

    Ada yg tau gak,knp ϑ¡ austin dikasih spek ban yg sama dgn tahun lalu

    Saya kmrn prnh baca(lupa namanya apa) orang biar markonah juara lg kyk tahun lalu kok

    Boleh bilang “hoax”

    Hihihihihi

  3. ya seperti inilah jadinya kalao hanya ada pemasok tunggal. Merasa tidak ada kompetitor ya sudah bikin produk semaunya. Menelaah dari riding style, kebanyakan ban yang terdegradasi parah memang berasal dari motor2 mereka para pebalap yang berbadan bongsor. Seharusnya B lebih paham masalah ini. Atau memang ada udang dibalik rempeyek? Who knows?

  4. untung ga MELEDAK ya ban nya

    regulasi nya emang parah
    riset & upgrade selama musim berlangsung juga dibatasi

    ga kaya dulu2
    trus manfaat nya apa?

1 Trackback / Pingback

  1. Dua Keapesan Dua Pembalap Yamaha | 78deka

Silahkan Beropini