K45 Bakalan Jadi Produk Global?

k45 courtesy by bro joe motoblast

Yola dulur…..project K45 AHM mulai menggeliat, setelah gempa R15 sudah mulai surut dari klimaksnya.

k45 courtesy by bro joe motoblast
k45 courtesy by bro joe motoblast

Dari beberapa sumber diperoleh bocoran printilan berupa tangki bbm, ukuran velk dan ban, rumor moncong sudah versi dual keen eye, rangka trussframe ala CBSF dan cbr250, buritan juga identik dengan cbr sekarang, dan mesin cbsf yang di setting ulang.

Menurut sumber rumor itu juga diperoleh informasi bahwa K45 ini punya kesamaan 85 % dengan CBR 300 yang khusus untuk pasar ngeropah. Dengan beredarnya rumor yang mengatakan K45 aka CBR150 lokal ini hampir sama dengan CBR300 secara fisik maka diikuti rumor bahwa K45 ini akan menjadi produk global  yang akan dipasarkan di seluruh dunia.

cbr300
cbr300

Memang yang namanya produk global tidak harus dibikin dimarih terus di export ke seluruh dunia. Yang menjadi acuan produk global adalah desain yang sama, fitur sama, dan spek mesin yang sama pula. Untuk masalah perakitan maupun pembuatan bisa diserahkan ke masing-masing pabrik di tiap negara yang menjadi basis produksi Honda.

Nah dengan acuan ini bisa jadi K45 ini menjadi produk globalnya Honda. Namun ada beberapa rumor terdahulu yang seperti mengganjal isu ini. Seperti dikatakan petinggi AHM yang kedepannya tetap akan menjual CBR150 dalam dua versi… made in Thailand dan K45 itu sendiri. Nah… statemen petinggi AHM itu seperti mau bilang kalau K45hanya khusus dijual dimarih, karena status produk global masih dipegang sama CBR150 yang sekarang beredar.

(ilustrasi)
(ilustrasi)

Terus ada informasi bahwa CBR300 dan 250 akan mengalami facelift desain dimana sebelumnya memakai single headlamp, akan kembali ke khittah awal trah CBR yaitu dual keen eye. Seperti yang kita ketahui bersama, dalam sejarah trah CBR itu desain akan selalu identik dari kelas 1000 cc, 400 cc, 250cc,dan 125 cc. Yang membedakan hanya soal  dimensi yang mengikuti ukuran motor dan spesifikasi, kubikasi mesin. Nah kalau digathukkan dengan info diatas bahwa K45 ini “hanya” punya kesamaan sebesar 85 %, berarti ini seperti keluar dari pakem yang biasa terjadi pada trah CBR.

Honda-CBR1000RR-Fireblade
Honda-CBR1000RR-Fireblade

Terus bagaimana dengan kemungkinan K45 menjadi produk global yang akan diexport ke manca negara? Lha ane balik nanya…. Pabrik AHM yang sekarang saja masih kekurangan kapasitas produksi untuk melayani larisnya penjualan…. gimana mau sempet menyisihkan untuk eksport ?…. Salah satu parameternya ya inden itu…… kalau kapasitas cukup, harusnya kaga ada inden… ready stok.

So…. apakah K45 akan menjadi Produk Global?? Bisa iya bisa ndak…THINK AGAIN

Semoga bermanfaat

Wassalamualaikum

13 Komentar

  1. =====================

    kaya’e terlalu muluk2 nih obsesi AHM…
    Lha bikin tiger aja bocor tangkinya…
    Bikin megapro jg gak simetris bodinya (sender)..
    Bikin NMN jg pake rangka dicoak…
    Bikin CBSF malah fatal lg tuh…byk komplain….
    Kalo CBR tar dibikin AHM utk jadi produk global, ane malah
    kwatir akan build quality cbr….
    bagusan tetep yg bikinan thailand aja..

Silahkan Beropini