Biker Prancis Demo…Banjiri Jalanan Penuh Motor

demo biker di prancis
suzuki

Yola dulur… dapat info dadakan dari Prancis, ternyata ya ndak berbeda dengan dimarih. Kalau merasa ada keputusan pemerintah yang dirasa ngga acceptable ya mereka demonstrasi. Cuma kayanya belum pernah dimarih ada demonstrasi besar-besaran yang dilakukan oleh biker, umumnya oleh para buruh maupun LSM.

demo biker di prancis
demo biker di prancis

Demonstrasi biker itu dilatar belakangi oleh kebijaksanaan pemerintah negeri Three Musketeer itu soal undang-undang yang diberlakukan untuk para biker.  Pemerintah Prancis dianggap mengambil kebebasan sipil mereka secara serius , termasuk pengendara sepeda motor . Beberapa tahun yang lalu demonstrasi aktif terjadi di Prancis, dengan tuntutan dicabutnya undang-undang yang mewajibkan pengendara motor dengan mesin lebih dari 125 cc dipaksa untuk mengenakan pakaian yang ada reflektornya .

demonstrasi di sini
demonstrasi di sini

Sekarang keresahan para biker sudah mencapai batas , dengan 5000 sepeda motor, mereka turun ke jalan memenuhi Paris untuk memprotes lagi undang-undang soal batas kecepatan baru yang diusulkan hanya 80km / jam pada jaringan jalan nasional  .  Batas 80km / jam akan berlaku pada semua non – jalan raya (highway)  dengan dalih mengurangi jumlah kecelakaan dan korban jiwa di jalan-jalan . Keputusan ini yang membuat pengendara sepeda motor Perancis sangat tidak setuju, dengan alasan bahwa penyebab utama kecelakaan disebabkan kurangnya pelatihan yang memadai yang ditawarkan oleh pemerintah untuk membuat pengendara menyadari bahwa mengendara dengan aman adalah dengan cara menghormati rambu-rambu jalan dan belajar bagaimana cara untuk berbagi jalan dengan pengguna lain . Nah sepertinya cocok dengan opini deka di sini:

http://78deka.wordpress.com/2014/03/12/pake-ini-tanpa-rambu2-lalin-udah-safety-yakinnn/

Dan mereka juga menuduh pemerintah Ambil uang tunai terang-terangan  dalam bentuk denda tilang.

Selama protes ini terjadi, ibukota Perancis dibuat berhenti sama sekali aktivitasnya selama sore saat perbelanjaan sibuk , dan pengendara sepeda motor juga berkumpul di luar kantor dewan kepala untuk mengingatkan walikota yang baru terpilih , Anne Hidalgo , bahwa ia sebaiknya menepati janjinya untuk mempertahankan sepeda motor parkir gratis di Paris jika dia tidak mau harus menghadapi demonstrasi bikers.

Lyon , kota terbesar kedua Perancis , juga lumpuh oleh ribuan motor, sementara protes berlangsung di 80 kota besar dan kecil di seluruh negeri  . Pemerintah Prancis akan membahas lebih lanjut proposal pada bulan Mei dan keputusan akan dibuat pada akhir tahun .

buku uu-no-22-tahun-2009

Wah… galak-galak juga biker di Prancis…. dan yang salut adalah kompaknya itu…demo tanpa kerusuhan. Biker dimarih kira-kira berani ndak ya demo seperti itu, jika dirasa ada undang-undang yang tidak sesuai?

Semoga bermanfaat

Wassalamualaikum

12 Komentar

Silahkan Beropini