Dibalik Harga 28 Jutaan R15 (Opini)

yzf r15

Yola dulur…. dapat update berita dari dulur-dulur blogger soal harga resmi si ย news maker R15. Berhubung deka blogger newbie yang kaga punya akses cepat seperti para suhu senior, ane mending ngebahas dari sudut pandang lain saja.

yzf r15
yzf r15

Bukannya ndak mau ikut-ikutan release harga resmi R15, tapi jujur karena ndak punya akses, jadi meskipun ngebahas harga, tapi dari sudut pandang obrolan ringan gaya angkringan warung koboi.

Setelah mengetahui bandrol resmi si fairing R15 yang menyedot banyak pemerhati motor ini, yaitu semahal 28 koma juta, dalam pikiran liar anelangsung muncul KENAPA? mari kita bahas sambil klempas-klempus dan ngopi atau nyruput jasu, jahe susunan kemepyar ituh ๐Ÿ˜€ .

(red white r15)
(red white r15)

Berpatokan dengan NJKB R15 yang dipasang di 18 koma juta, ane berharap bandrol di rentang 25-27 jutaan. Namun sepertinya ini hanya terjawab sebagian oleh pihak YIMM. Jika dibandrol 25 jutaan kemungkinan besar terjadi shifting demand besar-besaran dari NVL ke R15, ini belum diambil sebagai langkah terakhir oleh YIMM karena menganggap pangsa pasar NVL masih menjanjikan.

Dilain sisi YIMM juga ingin memposisikan R15 sebagai serdadu perang di kelas 150 cc, yang mau tidak mau kudu diharga relatif terjangkau oleh calon konsumen di kelas menengah. Kalau opini ane di range harga 26-29 jutaan. Dengan harga 28 jutaan tersebut sebenarnya menjawab sebagian dari prediksi ane yang di rentang harga 26-29 jutaan. Kenapa? karena dalam paket 28 jutaan itu sudah termasuk bonus helm yang termasuk harga mahal untuk ukuran helm yaitu 1 jutaan. Jadi jika tanpa bonus tersebut jatuhnya ya diharga 27 jutaan.

Menurut opini ane YIMM lebih memilih langkah memberikan bonus katakanlah senilai 1 jutaan agar bandrol tetep di harga 28 jutaan, daripada membuka harga di 27 juta, namun naik pada gelombang kedua. Ini memberikan efek psikologis seperti memanfaatkan aji mumpung. mentang-mentang laku, naikin bandrol seenaknya, nah efek seperti ini yang dihindari oleh YIMM.

(white blue r15)
(white blue r15)

Dengan harga 28 jutaan ini sepertinya akan menjadi harga yang awet, tidak mengalami kenaikan, kecuali ada kejadian khusus yang abnormal, seperti inflasi diatas 20% misalnya. Kenapa? batas psikologis harga kelas 150cc adalah dibawah 30 juta, karena ada Ninja SL 250 yang punya harga masih kepala 3, meskipun nyaris kepala 4, yaitu 39,9 juta. Belum lagi versi nakednya yang biasanya diabawah dikit dari harga versi full fairing. Beda cerita nanti jika harga si Bom napalm kawasaki ini merangkak naik diatas 40an juta, kemungkinan aman YIMM menaikkan harga ke angka 30an juta, dengan syarat harga di negara lain juga naik. Weekkks ane ngga seneng dengan cerita ini.

So.. itulah secuil opini dari ane, mungkin saja salah, hanya memberikan sedikit obrolan angkringan untuk meramaikan dunia permotoran ini. Harga 28 jutaan menurut ane masih sedikit diluar harapan ane yang menginginkan biker dimarih merasakan motor fairing ย terjangkau, yaitu harga 26 jutaan…. mungkin menunggu P200SS kali yak ๐Ÿ˜€ . Sekarang tinggal menunggu gebrakan AHM dengan K45nya, memberikan efek wow apa ndak.

So… layakkah R15 diharga 28 juta? THINK AGAIN….

Beda cerita untuk yang sudah ngebet dengan motor ini, 28 jutaan enteng kali yak? ๐Ÿ˜€ …. thats the price of love….

Bonus… Bad English… Price of Love

 

Semoga bermanfaat

Wassalamualaikum

 

 

22 Komentar

  1. kuciwa nungguin R15 ๐Ÿ˜€ sbnarnya itu bukan bonus helmnya. Tapi hasil dari dikebirinya power R15 trus dbkinin Helm dan dbliin stiker jhc apa hjc tuh ๐Ÿ˜€
    Percuma 6 speed tpi tnaganya dbawah NVL yg 5 percepatan. 1 di antara 6 itu cuman hiasan ๐Ÿ˜€
    Saya gak dpt helmnya ga msalah.asal powernya sama plek ma yg vrsi india… Dah niat jadi batal deh huuuh….

Silahkan Beropini