Berkenalan Dengan Honda CB 650F

(cb650f)

Yola dulur…. membaca beberapa artikel  MonkeyMotoblog, deka tertarik mengulas motor yang dipingini oleh bro Vandra Rizky tersebut.

(cb650f)
(cb650f)

Seekor moge Honda 650cc berseri cb…ya CB650F, motor yang baru diluncurkan Honda pada bulan November, pengganti  Hornet 600 yang sangat populer, namun power dipangkas sebesar 14 hp . Ini adalah salah satu dari dua model baru menggunakan mesin dan frame yang sama, sedangkan yang satunya adalah full fairing CBR650F.

Pada CB650F ini Honda tidak bertujuan pada biker, atau setidaknya bukan hanya biker. Dalam pasar menyusut, Honda memiliki strategi yang jelas untuk target di masa depan, dan targetnya adalah memikat non-pengendara sepeda motor.

(mesin cb650f)
(mesin cb650f)

Di CB650F ini Honda mempresentasikan mesin 649 cc all new 4 inline ” out of frame “, untuk menunjukkan kepada kita betapa kompak mesin itu. Tapi menurut pengamat dan media Inggris, masih diaggap terlalu kecil.

Filter oli berada di bawah bukan di depan mesin, sehingga pipa knalpot bisa memeluk unit lebih dekat. Rangka baja yang juga baru, berbentuk tabung  oval yang dipress, membuat bentuk keseluruhan motor menjadi lebih padat, tdk melebar. CB650F memang berukuran kecil (untuk ukuran bule). Rasanya seperti empat silinder 400 dari tahun sembilan puluhan. Dimana sangat membantu dalam hal kepercayaan diri dan menginspirasi  untuk mencoba mengendarai motor ini.

(konsol cb650f)
(konsol cb650f)

Peak power berada pada rpm yang cukup tinggi yaitu di 11.000, dan torsi puncak pada 8.000 rpm. power akan  terus terbangun seiring dengan  jarum rpm bergeser ke kanan, disertai dengan gerungan  marah khas empat silinder dari knalpot. Power output sebesar 87 hp lebih daripada cukup untuk kebanyakan dari kita menggunakannya.

(cb650f)
(cb650f)

Dan Honda sepertinya lebih fokus ke arah mesin, suspensi, desain yang friendly use, easy riding, bukan ke arah style maupun cara pengendara yang sudah pengalaman. Motor ini dibuat agar non biker, yang jarang naik motor merasakan sensasi asiknya jadi biker. Wow…. Honda sangat jelas visinya membangun motor ini…. untuk biker newbie yang ingin langsung naik moge. Makanya mesin diseting rpm dibawah 5000 power dan torsi biasa-biasa saja, belum keluar jambakan setannya.

Pengen nebus???? siapkan mahar sebesar  £6,099. itu di Inggris sono, kira-kira 100an juta. kalau disini berhubung melalui importir umum jadi au ah gelap harganya….ada yang tahu????

Semoga bermanfaat……

Wassalamualaikum…..

 

40 Komentar

  1. wakakak, motor demenan ane dibahas juga 😆 . Oia, sekedar saran nih bro, itu beberapa paragraf dari artikelnya di terjemahin pake google translate ya? akan lebih bagus kalau di edit terlebih dahulu bro, jadi infonya lebih mudah terserap. anyway nice artikel brooo 😀

2 Trackbacks / Pingbacks

  1. 78deka
  2. 78deka

Silahkan Beropini