Skuter Alpha : Andaikata Yamaha Berani Main Beda

(yamaha alpha)
suzuki

Yola dulur….iseng-iseng surfing dumay ke negeri Acha-acha kok nemu motor skuter agak nyleneh. Ya…seekor skuter jepang tapi ada sedikit cita rasa ngeropah disektor desain.

(yamaha alpha)
(yamaha alpha)

Skuter metik ini mengingatkan deka kepada “pant*t” dan spakbor vespa….Di mata deka yang rider biasa ini melihat skuter ini seperti kawin silang mio dengan vespa. Di negeri India sono dinamai Yamaha Alpha…sama dengan bebek 2 tak jadul yamaha dimarih.

(Yamaha-Alpha-white)
(Yamaha-Alpha-white)

Alpha didasarkan pada konsep “Easy go dan aktivitas harian, dengan utilitas tinggi”. Skuter ini dimodalin dengan suspensi depan telescopic dan suspensi tipe tegak di bagian belakang, sama dengan metik-metik yamaha pada umumnya. Jok panjang datar,  dirancang untuk memberikan space pengendara dan pembonceng yang layak serta kenyamanan. Dan yang asyiknya metik ini juga menawarkan ruang penyimpanan 21 liter yang dapat dengan mudah menampung helm half-face. Sebuah fitur wajib di metik serbaguna, untuk meyimpan barang bawaan yang lumayan banyak.

Skuter Yamaha ini didukung oleh mesin 4-stroke berpendingin udara 113cc dengan CVT (Continuous Variable Transmission), identik dengan mesin mio. Perusahaan mengklaim bahwa mesin barunya memberikan konsumsi bahan bakar yang ekonomis, yaitu 62km/l dan juga memiliki akselerasi yang halus. Berikut ini spek skuter tersebut :

(yamaha alpha rear)
(yamaha alpha rear)

Fact File

Price Range (in lakhs)*Ex-showroom price Rs 47,735 (Rp 9 jutaan)
Engine Type 113cc, single-cylinder, air-cooled, four-stroke
Power 7bhp at 7500rpm
Torque 0.82kgm at 5000rpm
Power to weight 67.4bhp per tonne
DimensionsLength 1795mm
Width 675mm
Height 1124mm
Wheel base 1270mm
Ground clearance 128mm
Chassis & BodyWeight 104kg
Wheels 10-inch pressed steel
Tyres 90/100×10
Suspension Front Telescopic forks
Rear Monoshock, stressed engine
BrakesFront 130mm drum
Rear 130mm drum
EconomyTank size 5.2litres

Secara performa memang biasa saja mirip mio dimarih, tapi buat apa ngejar performa ? lha wong namanya juga metik harian, yang penting serbaguna dan nyaman. Memang agak berbeda dengan kebiasaan yamaha dimarih, dimana menyasar konsumen yang mengutamakan style, agresif, sporty, performa khas anak muda. Metik ini menyasar ke konsumen yang kalem, agak dewasa, serbaguna dan prakris… yah mirip-mirip konsep metik honda dimarih (IMHO). Andai kata metik ini beredar disini maka bisa menyasar segmen anak muda sampai orang dewasa, desain yang kalem lebih bisa diterima oleh orang dewasa pada umumya yang sudah ngga butuh neko-neko.

Mungkin yang perlu di modifikasi biar sesuai selera masyarakat sini, bisa dirubah dari pengabutan bbm karburator menjadi injeksi, rem depan cakram, konsol digital serta fitur-fitur keselamatan dan yang mendukung dalam aktivitas sehari-hari.

Soo……layakkah metik Alpha ini beredar disini? THINK AGAIN….

Semoga bermanfaat… Wassalamualaikum….

ymh alpha spedo.jpeg ymh alphaboot ymh alphacorner ymh alphaleftsilencer

 

 

27 Komentar

  1. kek R15 kan produk global yamaha.desain bgus kok katanya kurang diminati di india. Dsini malah mpe pd ngiler pngen R15 😀
    Faktornya apa ya,kok ga laku disana???

  2. Nah..ini sisi lemah produk global, ngga bisa dirubah2 ngikutin selera lokal.. Sedangkan soal selera desain, di marih dan di india jauh beda.. Desain cakep disini spt ninja, cbr ternyata penjualan kalah jauh dibanding hero kharizma yg modelnya wagu menurut selera disini. Blm lg bicara pride org india thd merk sendiri. Lagian sy jg blm tahu penjualan total r15 disana brp, bisa jadi ukuran sedikit brbeda dg disini. IMHO

    • hrusnya indonesia mlajar dri india neh.. Punya monas dan cinta produk lokalnya.. Jdi merk non lokal bisa menyeting price mendekati produk lokalnya.. Lah dsini cuman jadi mainan jepun… Kasih harga brp aja manut” wae heheeee…. Sbab ga punya produk lokal asli 😀

  3. Boleh lah tebeng depannya jadi inspirasi buat All New Mio. Lumayan keren. Kalo belakangnya …. jinjay! Cucoknya buat negeri si Vijay !!!

Silahkan Beropini