Alpinestars Meluncurkan Jaket Body Tech-Air Airbag System

(air bag tech Alpinestar)

Yola dulur….artikel telat gara-gara kecekek bandwith 🙁 , info dadakan mengenai apperel biker terkenal Alpinestars. Sebuah merk perlengkapan gearset yang sudah sangat dikenal di kalangan biker. Kini meluncurkan jaket rider ber-airbag dengan sistem yang lebih canggih.

(air bag tech Alpinestar)
(air bag tech Alpinestar)

Sistem Tech-Air Airbag yang sekarang ini menggabungkan perlindungan tubuh bagian atas, meliputi bahu, punggung penuh, rusuk / sisi batang tubuh dan pinggul dengan desain one-piece removable yang dipasang di dalam jaket pembalap .

Sistem Tech-Airbag bekerja secara elektronik , menggunakan baterai internal dan tanpa kabel.  Mikroprosesor super-pintar terus-menerus memonitor gerakan pengendara melalui sensor di lengan dan kaki, pengolahan data setiap 2 milidetik. Ketika prosesor mendeteksi aktivitas yang tidak biasa dan memprediksi adanya kecelakaan,  airbag akan mengembang dalam 50 milidetik. Kecepatan, sensitivitas dan keandalan sistem telah terbukti menjadi sedemikian rupa sehingga pengembangan penuh airbag secara konsisten baik sebelum dampak awal, bahkan selama crash sisi rendah.

motogp crash

Tapi sistem hanya akan mengembang jika kecelakaan itu dianggap akan terjadi berdasar data penyimpangan aktivitas rider, dihitung melalui algoritma yang dikembangkan oleh Alpinestars. Sebaliknya, sistem akan secara otomatis bergerak  mode ‘armed’ atau siaga ketika sensor mendeteksi bahwa pengendara tetap dalam posisi duduk di motor dan bergerak dengan kecepatan rendah. Hal ini untuk mencegah  airbag yang sedang digunakan mengembang pada saat-saat ketika perlindungan tidak diperlukan.

Dengan sistem ini Alpinestar lebih menjamin pembalap MotoGp yang mengalami crash lebih terhindar dari cidera parah seperti saat terjadinya highside. Cuman ya itu… masih terbatas dipakai di balap MotoGP. Lantas kan dijual umumkah perlengkapan safety ini secara umum? pastinya iya, cuman waktunya kapan, itu belum ditentukan karena masih terus dalam taraf penyempurnaan agar sesuai degan karakter pengendara di jalan.

“Kami sedang mengarah untuk membuat versi khusus jalanan dalam waktu yang tidak terlalu lama lagi. Dalam hal penggunaan untuk jalan umum, tidak ada alasan untuk andatidak ikut menikmati fituryang digunakan di MotoGP saat ini. Tetapi sampai akhir tahun ini kami akan mengusahakan sepenuhnya sistem  airbag berfungsi sempurna dan tersedia untuk pelanggan. Dan, pasti, yang akan lebih murah dari versi balap. ” Jeremy Appleton, Media Alpinestars ‘dan Communications Manager, di Qatar MotoGP.

Wah… jika sudah ready sangat bermanfaat dan layak beli nih… asal ada dompet tebel…soalnya mahal kayaknya  🙁

Silahkan Beropini