CBR Lokalan (K45) Itu Ada? (Opini)

(ilustrasi)

Yola dulur…. Isyu tentang keberadaan motor cb150r fairing atau cbr150 lokal pertama kali diangkat ke permukaan oleh blogger senior, master of printilan om IWB.
Setelah diapungkan sekitar setahun yang lalu, kemudian tenggelam lagi setelah sekian lama ngga ada kabarnya.

(ilustrasi)
(ilustrasi)

 

Kini sang pengapung K45 munculin lagi printilan part berupa sebentuk muffler yang disinyalir milik cb150r sarungan tersebut. Terus ada pertanyaan dari om IWB, masihkah ngga percayakah dengan keberadaan proyek K45 tersebut? Yang dulu ngga percaya mungkin beralasan, masak Honda repot-repot bikin motor sport 150 cc fairing, sedangkan sekarang sudah ada cbr150 meskipun masih impor dari thailand, nambah-nambahin kerjaan saja. Masuk akal juga.
Kalau saia pribadi, sejak awal munculnya isyu K45 langsung mahfum bin maklum. Karena kalau mengandalkan barang import, jika kompetitor mengeluarkan produk sekelas yang ckd, pasti ketohok di faktor harga. Dan terbukti ketika kawasaki meluncurkan ninja SL 250 meskipun beda kelas seharga 39 koma juta, CBR150 langsung nampak overprice. Terus ada yang nyeletuk… wajar mahal wong produk mercu suar… Mercu suar buathukmu kui… kelas sport 150 cc itu di mata kumpeni sebagai lahan keruk keuntungan karena kuantitasnya yang relatif besar. Sedangkan syarat kuantitas penjualan gedhe adalah harga terjangkau oleh sebagian buyer potensialnya.

Nah disini honda mau ngga mau menggerakkan AHM untuk segera membuat produk lokalnya, mau niru yang impor boleh, desain sendiri boleh asal keputusan final tetep Honda jepang juga boleh. Untuk apa? untuk mengurangi biaya produksi dan pajak masuk, daaan……..(orang vendor jawab sendiri ya….sengsitip soalnya πŸ™‚ ). Nah jika nilai dasar produksi udah dapat, plus pajak plus margin keuntungan muncul dah harga OTR yang relatif lebih kejangkau dibanding ngimpor. Kesempatan untuk terjual banyak semakin besar, tinggal kekuatan desain, fitur, performance sama marketingnya.

Apalagi seteru abadi Honda yaitu Yamaha siap-siap nongolin sport 150 cc fairingnya… si R15 itu… Setahu saia, yang namanya honda itu ndak pernah membiarkan yamaha bermain di kelas motor tanpa ada kehadiran honda. Ente punya produk lokal atau ckd, ane kudu punya dan jualannya kudu lebih banyak…cek di artikel saia ini

http://78deka.wordpress.com/2014/03/25/honda-vs-yamaha-perang-warisan/

Ah masak… gara-gara yamaha ngeluarin suatu produk, honda akan terpancing ngeluarin produk yang sama juga? Yo mbuh lah… yang jelas saia pernah baca komentar orang jepang sendiri kalau Honda memang seperti itu, jika yamaha sebagai model setter, maka honda akan muncul berikutnya dengan model yang sama tapi fitur lebih wow.

(ilustrasi)
(ilustrasi)

Jadi saia punya pendapat kalau CBR150 lokal emang lagi diolah, digodog, diemplek-emplek sekarang ini. Kemungkinan besar memakai mesin CBSF tapi beda setingan, baikΒ  klep, pengapian dan lain-lain. Yang masih gelap adalah desainnya seperti apa itu yang belum tahu…. bisa jadi kaya cbr300/new cbr250 yang udah dobel keen eyes atau model yang lain. Tapi ini hanya praduga saia… soal bener nggaknya hanya Tuhan dan AHM yang tahu pasti.

Soo……CBR150 lokalan emang bakalan muncul?? THINK AGAIN.

Wassalamualaikum.

 

19 Komentar

  1. pengen sih cbr 150 kl msh remaja, tapi krna udah tuwir(dikit lg kepala 4),
    skrg pake kakaknya yg 4 silinder 600cc. stlah menabung sekian lama akhrnya kesampaian jg. alhmdllh..

Silahkan Beropini