BOM NAPALM ITU BERNAMA NINJA 250 SL / MONO

suzuki

NAPALM BOMB

Bom napalm adalah sejenis bom yang terdiri dari 2 unsur penting yaitu zat pengental ( biasanya asam naphta dan asam palmitat ) dan petrolium alias minyak tanah bensin. Bom ini ditakuti bukan karena daya rusaknya tapi efek psikologisnya, karena bentuknya gumpalan api pembakar maka akan nampak mengerikan jika dipandang. Selain itu daya bakarnya yang nggegirisi, semua dibakar tanpa pandang bulu selama 10-20 menit. Jika kena makhluk hidup akan menjadi siksaan yang mengerikan, karena korban tidak akan meninggal seketika, tapi terbakar beberapa saat sebelum dia tercabut nyawanya. Jika selamat pun menjadi siksa tersendiri sebab luka bakar akan terasa lama dan akan meninggalkan cacat permanen.

Begitulah gambaran dengan adanya kehadiran Duo Kawasaki, Ninja 250 SL dan sodara kembarnya yang naked. Andaikata benar dipasang diharga 39 koma juta untuk yang full fairing dan biasanya kawasaki memasang bandrol selisih 1 sampai 2 juta untuk yang seri nakednya. Yang akan menjadi korban bukan hanya motor sekelasnya saja, tapi kelas-kelas yang lainnya juga akan merasakan efeknya (kecuali kelas moge diatas 400 cc, skutik ama bebek kali ya?).

NINJA MONO

Yang langsung klenger kebakar sampai hangus ya jelas CBR150 yang di range harga sama, udah kalah cc, kalah performa mesin, kalah sporty. CBR 150 hanya unggul di nama CBRnya, sama mungkin di handlingnya, ibaratnya terbakar hangus dah… Begitu juga nasib kakaknya yaitu CBR250, meskipun agak mendingan. Sama-sama mengusung mesin 250 cc, sama-sama mono silinder, performa hampir sama ( ungggul CBR250 sedikit ) namung selisih  harga yang menjulang membuat si CBR250 menjadi korban kobaran api si Ninja Mono. CBR250 tertolong dengan nama besar CBR, mudah dioprek, terkenal kebandelannya serta handlingnya yang asoy pakdhe ( menurut testimoni para jawara biker ), jadi diibaratkan korban bom napalm yang selamat tapi membawa cacat tubuh terbakar…..bernama overprice. Begitu juga dengan proyek Next Tigernya, saia berpendapat AHM akan merevisi ulang strateginya, baik performa maupun bandrol sang jabang bayi, salah sedikit si Ninja Mono naked siap mbuakarrrr..

Di sisi lain Yamaha terkena efek psikologis melihat gumpalan-gumpalan api bom napalm bernama Ninja SL / Mono yang terlihat menakutkan. Kalo pengen selamat mereka kudu putar haluan memasang harga R15 jangan sampai dianggap overprice, selisih agak dekat saja ( dibawah 8 juta) siap-siang  kena jilatan api Ninja karena terbantu efek Leasing, tiap bulannya selisih beberapa ratus ribu saja. Nyeri memang yang dirasakan YIMM, ngga jadi mendapatkan margin yang lebih besar, andaikata rencana awal si R15 dibandrol 32 jutaan. Sedangkan Proyek R250 masih tergantung dari wujud, performa dan harga si jabang bayi, kalopun kena imbasnya ya miriplah dengan nasib si Ninja 250FI ( dibahas di bawah ).

Bagaimana dengan nasib Suzuki dengan inazumannya? hehehe….. maaf tanpa ada unsur merendahkan, ini ibarat serdadu yang luka infeksi, kena bom atau ngga tinggal nunggu ajal datang. Sedangkan new vixion serta cbsf, biarlah mereka gontok-gontokan sendiri di arenanya sendiri…… bukan kastanya si 250 Mono…… beda kelas……

Untuk Kawasakinya sendiri membawa korban yaitu Ninja 250FI, mungkin sedikit efeknya….yah kebakar dikit lah di bagian lengan. Kenapa menjadi korban juga? karena konsumen yang pengen merasakan sensasi performa 250 tidak perlu mengambil produk yang lebih mahal, cukup si mono saja, otomatis mengurangi potensial buyer untuk si Ninja 250FI, meskipun sensasi suara moge stereonya tidak tergantikan dan mempunyai penggemar sendiri. Tapi itulah pengorbanan yang diambil sama kawak untuk mempertahankan eksistensinya.

So…itulah sedikit opini dari saia, seorang biker enthusias kelas newbie….biker biasa tanpa pengetahuan mendalam. Jadi harap maklum jika ada kesalahan analisa dan prediksi. Jika ada yang merasa tersinggung, ya maaf salah sendiri, jadi orang kok masih mudah tersinggung. Perasaan tersinggung itu ngga enak tooo??? ngapain dipiara??

THINK AGAIN… WASSALAM

28 Komentar

    • Meskipu masih mungkin kok sepertinya susah ya bro, mungkin pemikiran yimm cukup 1 produk saja yg jadi korban, r15. Enaknya nelorin produk belakangan adalah strategi masih bisa di utak-atik sblm loncing.

  1. Wow, analisisnya tajem banget..
    Sepertinya pabrikan yg kena bom juga gak tinggal diam.
    Serangan baliknya bisa berbahaya juga.. IMHO…
    Secara modal Honda dan Yamaha jauh lebih besar dari Kawasaki… CMIIW.. 😉

  2. serius, bahasa yg anda gunakan sngat luar biasa, lanjutkan n kelak blog ini akn mnjdi pengulas berita otomotif dgn ciri khas tersendiri d=(´▽`)=b
    izin nyimak (= ̄▽ ̄=)V

Silahkan Beropini